13 August 2014

by Yoga Wisesa

Seperti Inilah Device Virtual Reality Besutan Samsung

Info tentang perangkat virtual reality garapan Samsung sudah terdengar semenjak awal tahun 2014. Kabarnya versi preview wearable device itu bahkan sudah didistribusikan ke mereka yang berpartisipas dalam proyek pengembangan. Kemudian bulan lalu sebuah gambar bocor di internet, memperlihatkan penampakan 3D dari headset VR Samsung.

Tapi satu hal masih mengganjal: jika benar device itu sudah dibagi-bagikan ke para developer dan tester, mengapa hingga kini kita belum melihatnya dalam wujud asli? Tentu kita langsung berpikir, mungkin terdapat perjanjian kerahasiaan (NDA) yang harus disetujui oleh tester. Berita baik, The Verge mempublikasi sebuah foto wujud asli device ini untuk pertama kalinya.

Proyek perangkat virtual reality dari Samsung ini diusung dengan codename Project Moonlight. Menurut The Verge, desainnya menyerupai rancangan headset VR dari kardus buatan Google. Belum ada data spesifikasi resmi tentangnya, tapi sang produsen sepertinya membubuhkan resolusi display yang sangat tinggi agar dunia virtual hadir dalam kualitas terbaik.

 

Info menarik: Mari Buat Headset Virtual Reality Menggunakan Kardus dan Smartphone Anda

 

Dan tidak lupa, Samsung juga melengkapinya dengan rangkaian sensor supaya Project Moonlight mampu membaca orientasi pengguna - fungsi yang sama juga hadir dalam Oculus Rift. Namun berbeda dari perangkat besutan tim pimpinan Brendan Iribe dan Palmer Luckey itu, headset VR Samsung dioptimalisasi untuk terhubung ke perangkat mobile mereka.

Untuk saat ini, Project Moonlight berjalan bersama smartphone Galaxy S5. Seperti Oculus Rift, di bagian dalam goggle terdapat sepasang lensa cebung. The Verge memperkirakan bahwa headset Samsung itu juga memiliki focus dial dan terhubung ke smartphone via kabel Micro USB. Besar kemungkinan bahwa dalam versi retailnya nanti, Project Moonlight mendukung smartphone dan tablet terbaru Samsung.

Pertanyaan lain yang masih harus dikonfirmasi adalah: apakah Project Moonlight merupakan codename untuk Gear VR? Berdasarkan artikel-artikel sebelumnya, Gear VR juga mengacu pada produk virtual reality pertama dari Samsung untuk mengakses aplikasi dan game di mobile device. Tapi The Verge sama sekali tidak menyebutkan 'Gear VR' dalam tulisan mereka.

 

Info menarik: Perangkat Virtual Reality Pertama Samsung Akan Dinamai Gear VR

 

Pada akhir Mei lalu, Oculus dikabarkan membantu Samsung dalam mengembakan teknologi virtual reality. Berbeda dari asumsi sebelumnya, device VR Samsung ternyata tidak dibuat untuk mencuri khalayak target Oculus Rift - tapi untuk melengkapi perangkat mobile mereka. Di sini, Oculus menyediakan software yang dibutuhkan Samsung.

Menariknya, Project Moonlight malah akan bersaing dengan seri HMZ buatan Sony yang dirancang untuk fungsi hiburan multimedia. Langkah pintar dalam memasuki pasar mengingat Sony sedang fokus pada Project Morpheus.

Mungkin kita akan mengetahui informasi lebih lanjut tentang perangkat virtual reality Samsung dalam ajang peluncuran Galaxy Note 4 yang rencananya dilangsungkan tanggal 3 September secara bersamaan di tiga kota - Berlin, Beijing dan New York.

Sumber: The Verge.