Categories

Gadget

Seperti Inilah Penampakan Project Scorpio Versi Developer

Project Scorpio versi developer juga dibekali hardware yang lebih canggih dari versi konsumen.

Yoga Wisesa - 13 April 2017

Momen pengumuman resmi console yang Microsoft siapkan untuk menangani konten-konten next-gen semakin dekat. Belakangan, Microsoft sudah mengizinkan beberapa jurnalis dari media ternama buat mencoba dan membeberkan spesifikasi lengkap Project Scorpio. Dan setelah penantian panjang, wujud dari console '4K ready' itu akhirnya terungkap.

Langkah ini berkaitan dengan upaya sang console maker memantapkan ekosistem Scorpio lewat pemberian akses pada developer buat mencoba dan menguji kemampuannya. Dan dari sana, tersingkaplah penampakan dari Project Scorpio. Satu hal paling menarik dari platform ini adalah Microsoft berhasil memampatkan hardware berperforma tinggi dalam perangkat yang tidak terlalu besar.

Arahan desain Scorpio tak jauh berbeda dari Xbox One standar maupun One S. Console mempunyai tubuh balok dengan warna putih di atas dan hitam di bawah. Di bagian depan area putih, berjejer lima lingkaran seperti tombol, lalu sepertinya ada sebuah tombol lebih kecil di dekat logo Xbox. Di bawahnya, saya melihat ada tiga port USB dan satu lagi tombol (power?). Di sana, tersaji pula layar OLED buat menunjukkan data performa seperti FPS.

Foto komparasi Scorpio dengan console Xbox One lain itu dipublikasikan oleh Gamasutra. Untuk sekarang, sulit menguliknya lebih jauh karena foto tersebut diambil dari sisi depan dan resolusinya tidak begitu besar. Eurogamer sendiri menjelaskan bahwa meskipun device ini merupakan versi 'belum jadi', cukup besar kemungkinan penampilan varian retail-nya tak jauh berbeda - melihat dari pengalaman Microsoft menyuguhkan dev-kit Xbox One dan Xbox One S.

Menariknya lagi, versi developer tersebut sengaja dibekali hardware yang lebih canggih dari versi konsumen. Group program manager Kevin Gammill menjelaskan alasannya pada Gamasutra: proses pengembangan game oleh developer akan lebih mudah dilakukan di perangkat berspesifikasi tinggi, baru kemudian di-downgrade, ketimbang diramu dari device berspesifikasi rendah lalu baru di-upgrade.

Gammill kembali mengungkap hal yang jadi target mereka, yaitu menyajikan gaming di resolusi UHD sejati, tekstur 4K, framerate stabil, color gamut yang luas, dan audio 'spasial'. Microsoft sebelumnya juga sempat mengonfirmasi akan membekali Scorpio dengan konektivitas HDMI 'next-gen' 2.1 dan dukungan AMD FreeSync.

Lalu seberapa berbeda hardware Project Scorpio versi development kit dan retail? Jangan kaget, dev-kit menyimpan RAM DDR5 24GB (dua kali Scorpio standar), tambahan penyimpanan SSD 1TB, dengan GPU 44-compute unit - bukan lagi 40CU.

Project Scorpio kabarnya akan meluncur di kuartal empat tahun 2017.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter