30 September 2014

by Yoga Wisesa

Seperti Inilah Rasanya Bermain Mario Kart Dengan Oculus Rift

Beberapa tahun lalu, Oculus Rift hanyalah sekedar gagasan yang muncul di benak sang founder, Palmer Luckey. Sekarang ia adalah satu dari sedikit perangkat virtual reality paling menjanjikan, dan banyak orang telah mencoba serta berpartisipasi dalam pengembangan konten VR, walaupun sebenarnya ia masih belum dirilis untuk publik.

Selain dari rangkaian hardware yang terus disempurnakan, faktor terkuat dari Oculus Rift ialah proses pengembangan terbuka, membuatnya menjadi ladang subur bagi para developer independen. Kita sudah menyaksikan bagaimana Oculus Rift akan mendukung Project CARS, Minecraft, dan Eve Valkyrie (game eksklusif pertama headset Oculus). Kini ada seorang developer mencoba membawa teknologi VR ke permainan Mario Kart buatannya sendiri - berjudul Mario Kart VR.

Terlepas dari namanya, Nintendo sama sekali tidak mempunyai andil dalam proses pembuatan game tersebut. Proyek Mario Kart VR muncul di penghujung tahun lalu sebagai demo 'permainan fan-made Mario Kart' ciptaan user Apex Studios. Sebagai sistem kendali, Apex Studios tak lupa merancangnya agar ia kompatibel dengan motion controller Razer Hydra.

 

Info menarik: Ini Dia Crescent Bay, Varian Prototype Teranyar Headset VR Oculus Rift

 

Lalu sembilan bulan setelahnya, sang pencipta mengunggah video demo Mario Kart VR di YouTube. Segi visualnya cukup apik, 'permainan' seolah-olah berjalan di Wii U. Tampilan menu juga sangat rapi dan pas diakses menggunakan headset. Sayang sulit menebak game engine apa yang digunakan oleh developer ber-username YouTube Wilsonator itu.

Sejauh ini, Oculus sudah mengumumkan dukungan mereka pada Unity Technologies dan Epic Games pencipta Unreal Engine. Jadi ada kemungkinan besar Mario Kart VR diracik memanfaatkan salah satu engine tersebut. Hal paling mengesankan dari semua ini adalah bagaimana user disajikan perspektif orang pertama dan kemampuan untuk menolehkan wajah ke kiri dan kanan, termasuk melihat panel instrumen go-kart-nya.

Game Mario Kart memang sangat mengasikkan, dan seri terakhir untuk Nintendo Wii U mendapatkan respon sangat positif dari berbagai media dunia. Namun bisa melihat peta, panel, tangan, atau memelototi lawan main Anda dengan tatapan mematikan merupakan hal yang paling didamba pemain - terutama para fans Mario Kart.

 

Info menarik: New Nintendo 3DS Resmi Diumumkan

 

Saat ini, Mario Kart VR hanya memiliki satu sirkut untuk satu pemain. Wilsonator berjanji akan mengunggah update selanjutnya di YouTube serta forum developer Oculus VR, termasuk sebuah level baru bernama DK Mountain. Jika sudah memiliki perangkat Oculus Rit dan ingin mencobanya, Apex Studios menyediakan link download di forum untuk bisa langsung Anda unduh.

Demo DK Mountain menjanjikan suara go-kart yang lebih baik, sistem lapbeta, penyajian fisik lebih realistis, serta dua layar HUD baru (memperlihatkan lap dan satu lagi masih kosong). Silakan simak demo Mario Kart VR di bawah.

Saya berharap hasil karya Wilsonator alias Apex Studios ini menggelitik dan mendorong agar Nintendo berpartisipasi lebih jauh dalam industri VR. Dari komentar Shigeru Miyamoto, Nintendo sepertinya masih ragu-ragu tentang apakah VR akan menjadi solusi terbaik untuk gaming atau tidak...

Sumber: YouTube.