Categories

Game

Seperti Inilah Serunya Acara Nonton Bareng Final The International 2016 Bersama MSI

Dari mulai menjajal HTC Vive, bermain di gaming notebook MSI, bertanding melawan divisi Dota 2 tim NXA Ladies, hingga acara bagi-bagi hadiah.

Yoga Wisesa - 15 August 2016

Penggemar berat Dota 2 sudah pasti tidak mau melewatkan klimaks dari perhelatan The International 2016, boleh dibilang sebagai turnamen eSport terbesar dan paling bergengsi di dunia. Berkat tersedianya beragam platformvideostreaming, siapapun bisa menikmati pertandingan secara live meski tidak dapat hadir langsung di KeyArena Seattle. Dan akhir minggu lalu, MSI mengajak para gamer di Jakarta buat menyaksikan final di acara pubstomp eksklusif.

Menjelang penghujung The International 2016, beberapa nama populer di ranah gaming memang diketahui mengundang komunitas Dota 2 buat menonton perebutan posisi podium utama dan uang senilai jutaan dolar - setelah Digital Chaos berhasil menundukkan Fnatic di lower bracket. Namun MSI The International 2016 Pubstomp bukanlah sekedar event 'nonton bareng' biasa. Sang produsen hardware Taiwan itu turut mengajak penonton bermain bersama tim NXA Ladies, menjajal Dota 2 VR Hub via HTC Vive, hingga menyimak analisis dari pakarnya.

Dengan perbedaan waktu antara Seattle (Pacific Daylight Time) dan Jakarta yang cukup jauh, babak terakhir The International 6 berlangsung pada dini hari tanggal 14 Agustus 2016 waktu Indonesia bagian barat. Sebelum momen tersebut tiba, para pengunjung tampak antusias menikmati Dota 2 di notebook gaming MSI GE72; beberapa juga terlihat sibuk bermain game lain (Overwatch) serta mencoba aplikasi The Lab besutan Valve di headset HTC Vive.

Sebagai notebook gaming dan mobile workstation bersertifikasi Nvidia VR Ready pertama, perangkat-perangkat MSI sama sekali tidak kesulitan menjalankan konten virtual  reality - hampir semuanya menuntut spesifikasi hardware PC yang tinggi. Di acara ini, VR ditangani oleh unit GT72 6QE Dominator Pro G Heroes Special Edition.

Peserta rela bergantian untuk mencoba Dota VR Hub. Bagi Anda yang belum familier, Dota VR Hub adalah fitur baru di Dota 2 yang menyajikan pengalaman menyaksikan pertandingan - termasuk stream dan replay - dalam teater virtual dengan 15 penonton lain.

Sesi bermain bersama divisi Dota 2 NXA Ladies dipandu oleh salah seorang caster berpengalaman di tanah air, Kresna 'XTZ' Panji; membuat pertandingan kecil-kecilan terasa seperti kejuaraan serius. Kresna juga diundang sebagai narasumber sesi talkshow di MSI The International 2016 Pubstomp, di mana ia memberikan pandangannya seputar turnamen serta profil masing-masing tim eSport yang bertanding di hari terakhir kemarin.

Menurut Kresna, TnC Gaming asal Filipina merupakan kejutan paling besar di The International 2016 walaupun pada akhirnya mereka harus tunduk pada Digital Chaos. Sebagai tim kuda hitam sejak awal kejuaraan, TnC berhasil masuk ke lower bracket sesudah memperlihatkan performa yang luar biasa di Group Stage. Di hari pertama Main Event, mereka sukses menyingkirkan Vici Gaming Reborn; selanjutnya mengalahkan OG dalam dua match. Dengan pencapaian itu, mereka mengamankan posisi ke-8 di TI6 serta uang lebih dari US$ 500 ribu.

Menjawab pertanyaan saya mengenai siapa yang berpotensi paling besar membawa pulang hadiah utama, Kresna menyampaikan bahwa sangat sulit memprediksi juara The International 2016. Tren kemarin adalah banyak pertandingan yang rampung tanpa babak tambahan, dan lagi-lagi sejumlah tim underdog membuktikan kemampuan mereka tidak bisa diremehkan. Kresna sendiri berharap untuk melihat Evil Geniuses kembali merebut gelar juara karena sejauh ini pemenang TI selalu berganti-ganti.

Sayang sekali, EG harus mengakui keunggulan Digital Chaos dalam pertarungan sengit tiga babak. Di grand final, DC menghadapi Wings dengan percaya diri, mematahkan upaya Wings Gaming mengendalikan peta dan memenangkan babak pertama. Tapi hebatnya, tim asal Tiongkok itu sanggup bangkit dan menyapu bersih tiga match berturut-turut, dan akhirnya memenangkan hadiah utama sebesar US$ 9,1 juta.

Meski terpaut jarak belasan ribu kilometer (tepatnya 13.467km), semangat para peserta The International 2016 Pubstomp di Jakarta tidak kalah dari mereka yang menonton pertandingan langsung di gelanggang KeyArena. Teriakan gembira para penonton terdengar membahana tiap kali pertandingan memasuki saat-saat menegangkan, menembus pintu-pintu kaca Cre8, lokasi di mana acara ini dilaksanakan.

Tentu saja peserta juga tidak pulang dengan tangan hampa. MSI membagi-bagikan dua buah headset SteelSeries Rival 100 Dota Edition, sebuah SteelSeries Siberia 200, satu monitor AOC 20-inci dan sebuah smartphone; serta turut memberikan bundel merchandise berupa stiker 3D dan lanyard MSI, gantungan kunci, gelang SteelSeries serta voucher Indomog.

MSI The International 2016 Pubstomp merupakan kerja sama antara MSI, Cre8 dan DailySocial; didukung penuh oleh SteelSeries Indonesia, AOC Gaming dan Indomog.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter