24 June 2016

by Yoga Wisesa

Seperti Versi Mobilnya, Drone Nissan GT-R Mampu Melesat Sangat Cepat

UAV mampu melesat dari diam ke 100-kilometer per jam hanya dalam 1,3 detik.

Di tahun 2014, Nissan GT-R mencatat rekor sebagai mobil produksi tercepat urutan kesembilan berdasarkan uji coba di sirkuit Nürburgring. Pencapaian tersebut memasukkannya ke dalam kategori supercar - sekelas Ferrari LaFerrari. Ternyata pabrikan otomotif Jepang itu tak hanya mau fokus di arena balap darat, mereka juga melirik ranah pacu di udara yang saat ini sedang naik daun.

Nissan mengadopsi performa tinggi mobil sport GT-R, dan mengimplementasikannya ke drone ciptaan mereka. Pada tanggal 23 Juni 2016 kemarin, perusahaan otomotif asal Yokohama itu memperkenalkan Nissan GT-R Drone di Inggris. Pesawat mungil nirawak ini dispesialisasikan untuk proses pembuatan film, dibekali beragam teknologi canggih, dirancang agar bisa mengejar mobil GT-R.

GT-R Drone mampu menyusul GT-R versi mobil di tikungan.

Proses pengerjaan drone tidak dilakukan sendirian oleh Nissan. Mereka turut menggandeng tim World Drone Prix Champions, Tornado XBlade Racing. GT-R Drone mengusung konfigurasi khusus balap dan tipe kanopi yang minim gaya gesek. Hasilnya, UAV mampu melesat dari diam ke 100-kilometer per jam hanya dalam 1,3 detik, menjadikannya sebagai salah satu drone FPV (first-person view) tercepat di dunia.

Dalam sesi tes sepanjang 1,2-mil di sirkuit Silverstone, Nissan GT-R Drone yang dikendalikan oleh juara British National Drone Racing 2015 James Bowles sanggup mengejar GT-R versi roda empat, dikendarai Ricardo Sanchez. Simak video-nya di bawah:

Nissan GT-R Drone memanfaatkan empat baling-baling bertenaga motor XNova 2000kV, dipadu frame quad-copter balap Sky-Hero. UAV mempunyai dimensi 30x30x6,5-sentimeter berbobot super-ringan, hanya 0,7-kilogram. Berbeda dari perangkat sejenis, fitur-fitur aerodinamis memastikannya sanggup terbang rendah dengan stabil. Dan drone mempunyai sebuah keunggulan besar dibanding mobil GT-R: aspek kelincahan - mempunyai lingkar putaran hanya 0,3-meter.

Nissan membubuhkan baterai Lithium Polymer 6s 1.400mAh sebagai sumber tenaganya, dan drone dapat terbang di kecepatan maksimal 185-kilometer per jam.

Drone didesain oleh Tornado XBlade Racing.

GT-R Drone dipamerkan bersama Nissan GT-R 2017 di ajang Goodwood Festival of Speed yang dilangsungkan minggu ini. Sayang sekali, di press release-nya, Nissan belum menjelaskan apakah mereka mempunyai rencana untuk melepas drone ini ke publik atau tidak.

Buat mobilnya sendiri, tipe terbaru GT-R itu merupakan varian terbaik - masih menyimpan performa buas ala 'Godzilla' namun juga yang paling nyaman dikendarai. Di dalam, mesin berkekuatan 565-horsepower dan torsi 633N⋅m menanti Anda.

Sumber: Nissan News.