Categories

Game

Serba-serbi Fortnite untuk Android, Epic Games Niat Tidak Sih?

Dirilis secara eksklusif untuk Samsung Galaxy Note 9 hingga minimum system requirement Fortnite untuk Android

Lukman Azis - 7 August 2018

Fortnite Android - siapa sih pengguna smartphone Android yang tak penasaran dengan game battle royale besutan Epic Games ini?

Terutama, Anda yang sudah memainkan game dengan formula last man standing sejenis seperti PUBG Mobile dan Rules of Survival.

Sebagai informasi, Fortnite Mobile di iOS sukses besar. Di mana telah diunduh lebih dari 100 juta kali dan juga meraup pendapatan fantastis lebih dari US$160 juta.

Nah belakangan ini berita mengenai Fortnite yang akan hadir di Android sangat deras ya, maka dari itu di sini saya mencoba mengumpulkan informasi terbaru dan bocoran yang beredar. Mari mulai:

Dirilis Secara Eksklusif Bersama Samsung Galaxy Note 9

Foto: Epicgames.com

Epic Games memang telah memastikan bahwa Fornite pasti hadir di platform Android. Namun, saya tak menduga bakal sekompleks ini sih - penuh drama.

Kabar terbaru menyebutkan kalau Fortnite bakal meluncur secara eksklusif bersama peluncuran flagshipSamsung Galaxy Note 9. Informasi ini sudah ditegaskan oleh CEO Epic Games - Tim Sweeny.

Samsung sepertinya mencoba menawarkan sesuatu yang baru, bila sebelumnya phablet ber-stylus ini lebih fokus pada produktivitas, Galaxy Note 9 akan membawa kemampuan gaming yang mumpuni.

Pertanyaannya berapa lama? Sebulan pertama eksklusif untuk Galaxy Note 9 dan setelahnya akan tiba di Galaxy App store selama 2 sampai 3 bulan.

Setelah flagship Samsung, rumornya kemudian akan hadir untuk Honor Note 10 dan setelah itu barulah tersedia untuk pengguna Android secara umum. Tapi, bukan di Google Play Store.

Tidak Hadir Lewat Google Play Store

Foto: Epicgames.com

Hal yang lebih mengejutkan lagi adalah kemungkinan bahwa Fortnite tidak akan dirilis di Android melalui Google Play Store. Karena alasan keamanan, konsolidasi, kemudahan pembaruan, dan banyak lagi.

Alasan lain adalah karena Epic Games ingin menghindari potongan pendapatan sistem in-app purchase di Fornite sebesar 30 persen dari Google. Menurut Epic Games 30 persen terlalu berlebihan, mengingat pendapatan di iOS saja terbukti besar, cukup masuk akal sih kenapa Fortnite sampai tertunda ke Android sampai saat ini.

Tapi repot juga ya kalau nantinya memang harus diunduh di luar Google Play Store. Justru, akan menjadi kurang aman. Sebagai informasi, di toko Samsung yakni Galaxy App Store hanya mengambil potongan 20 persen dan terbuka untuk penawaran khusus.

Minimum System Requirement Fortnite untuk Android

Foto: Epicgames.com

Di iOS saja, Epic Games menetapkan system requirement cukup tinggi. Butuh minimal iPhone SE dan iPhone 6S untuk memainkan Fortnite. Bagaimana di Android?

Menurut informasi terbaru dari XDA-developers, dibutuhkan minimal smartphone Android Lollipop 64-bit dan RAM sebesar 3GB. Masalahnya terletak pada aspek GPU, di mana membutuhkan GPU Adreno 530 atau lebih tinggi, Mali-G71 MP20, dan Mali-G72 MP12 atau lebih tinggi.

Bila informasi tersebut benar, maka dipastikan smartphone Android kelas menengah tidak bisa memainkan Fortnite, hanya smartphone flagship terbaru saja yang bisa menjalankannya.

Informasi di atas memang datang dari sumber terpercaya, tapi bagaimana pun rumor tetaplah rumor dan perlu pembuktian. Benar atau tidaknya informasi tersebut bisa dipastikan dalam beberapa hari lagi, di mana Samsung akan meluncurkan Galaxy Note 9 pada tanggal 9 Agustus.

Sumber: Ubergizmo 1, Ubergizmo 2, dan GSMArena 3

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter