Categories

Social Media

Sesi Live Audio Twitter Spaces Kini Dapat Didengarkan Tanpa Perlu Login

Siapapun kini dapat ikut mendengarkan sesi obrolan Twitter Spaces, bahkan yang tidak punya akun Twitter sekalipun

Glenn Kaonang - 9 November 2021

Sesi diskusi yang Anda helat di Twitter Spaces bakal kedatangan lebih banyak audiens. Pasalnya, Twitter baru saja meluncurkan fitur yang memungkinkan siapapun untuk ikut menjadi pendengar, bahkan yang tidak punya akun Twitter sekalipun.

Jadi tanpa perlu login atau mendaftar akun, siapapun kini bisa mengklik tautan menuju ke suatu sesi Spaces dan langsung mendengarkan obrolan yang berlangsung via Twitter versi web. Namun tentu ada batasan yang Twitter tetapkan. Utamanya, audiens tanpa akun ini hanya bisa mendengarkan saja.

Kebetulan semua sesi Spaces sifatnya publik, jadi kebijakan baru ini pun pada akhirnya terdengar cukup masuk akal. Di saat yang sama, kebijakan ini juga sejalan dengan fitur Spaces Recording yang tengah Twitter persiapkan.

Jadi sebelum memulai suatu sesi Spaces, sang host bisa mengaktifkan opsi untuk merekam seluruh sesinya, dan setelahnya hasil rekamannya bisa dibagikan untuk didengarkan kapan saja. Ini berarti yang dapat didengarkan oleh publik bukan cuma suatu sesi live saja, melainkan juga sesi yang sudah berlalu.

Kebijakan ini secara langsung memberikan pengguna Twitter Spaces kemudahan untuk menjangkau lebih banyak pendengar. Namun menurut saya akan lebih ideal seandainya Twitter juga memberikan opsi yang sebaliknya, yakni opsi untuk menciptakan Spaces yang sifatnya private, macam fitur private room yang ada di Clubhouse.

Pasalnya, kalau berdasarkan penjelasan Twitter sendiri, host punya opsi untuk memblokir partisipan sehingga mereka tidak bisa mengikuti sesi Spaces-nya lagi. Dengan adanya fitur baru ini, apa berarti partisipan yang sudah diblokir itu dapat mengikuti kembali sesinya usai logout dari akunnya?

Jujur saya tidak punya jawabannya, tapi semoga saja ini bisa memicu Twitter untuk mempertimbangkan opsi private Spaces itu tadi. Twitter sudah menawarkan Spaces berbayar, jadi tidak semua Spaces memang harus terbuka untuk umum.

Via: TechCrunch.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter