Categories

Social Media

Setelah 16 Tahun yang Manis, Perjalanan Stumbleupon Berakhir per 30 Juni

Pengguna Stumbleupon akan dipindahkan ke rumah baru bernama Mix, platform yang lebih modern

Bambang Winarso - 25 May 2018

16 tahun lalu sebelum eranya Facebook dan Twitter, lahir layanan konten Stumbleupon, layanan atraktif yang menghadirkan tool penemuan berbagai jenis konten dengan beberapa klik mudah. Tapi, 5 hari ke depan adalah hari-hari terakhir bagi Stumbleupon karena sebagaimana diumumkan oleh founder-nya Garrett Camp, Stumbleupon akan menutup layanannya setelah 16 tahun yang manis.

Di Stumbleupon, pengguna dapat dengan mudah melompat dari satu konten ke konten lainnya hanya dengan satu klik. Layanan ini juga menjadi salah satu andalan blogger dan media untuk mendulang traffic atau sekadar mendongkrak popularitas web. Dalam tulisannya di Medium, Camp mengatakan selam 16 tahun beroperasi Stumblepon mengantarkan konten-konten pilihan ke lebih dari 40 juta pengguna dengan jumlah “stumble” mencapai 60 miliar. Di masa jayanya, Stumbleupon merupakan pionir penemuan konten di internet, sebelum konsep media sosial ala Facebook dan Twitter hadir.

Lalu bagaimana dengan 40 juta akun yang pernah berinteraksi di Stumbleupon?

Camp mengatakan meskipun Stumbleupon akan ditutup, namun untuk mempertahankan aset yang ditinggalkan, Camp memindahkan akun pengguna Stumbleupon ke portofolionya yang lain. Tapi bukan Uber, di mana Camp juga menjadi salah satu founder-nya. Melainkan layanan lain bernama Mix, web konten terkurasi baru yang ia dirikan tahun 2015 lalu.

Mix diibaratkan versi baru dari Stumbleupon yang mengalami regenerasi dari segi tampilan dan kesederhaan, tapi dengan kemampuan yang lebih baik. Beberapa di antaranya diadopsi dari Stumbleupon yang kemudian ditingkatkan.

Menurut Camp, internet sekarang sangat berbeda dari 16 tahun yang lalu, sehingga transisi dari Stumbleupon ke Mix diyakini akan lebih mudah. "Kami telah membangun Mix untuk bekerja pada setiap browser dan smartphone," tulisnya, untuk membuat transisi semulus mungkin. Dengan beberapa klik Anda dapat mendaftar dan mengimpor konten-konten favorit Stumbleopon, minat dan tag, membuat Koleksi Mix yang mudah dibagikan dengan teman-teman. "

Proses transisi dari Stumbleupon ke Mix disebut akan dimulai dalam beberapa bulan ke depan. Jadi, bagi Anda yang masih ingin melanjutkan perjalanan bersama Stumbleupon versi modern, bersiaplah untuk pindah ke rumah barunya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter