Categories

Game

Setelah 24 Tahun Berlalu, Streets of Rage 4 Resmi Diumumkan

Game digarap secara kolaboratif oleh Lizardcube, Guard Crush Games, dan Dotemu.

Yoga Wisesa - 28 August 2018

Seri permainan Streets of Rage (dengan judul Jepang Bare Knuckle) akan selalu mengingatkan saya pada malam panjang tanpa tidur yang saya habiskan bersama adik dan sepupu puluhan tahun silam. Sega punya rencana untuk melepas Streets of Rage sebagai tetralogi, namun seri permainan ini terhenti di game ketiga yang dirilis di tahun 1994.

24 tahun setelah itu, terdengarlah kabar soal pengembangan permainan keempat Streets of Rage. Seperti game-game sebelumnya, proyek ini merupakan kolaborasi antara Sega dengan sejumlah tim developer berbeda - di antaranya Lizardcube, Guard Crush Games, serta Dotemu. Dotemu akan berperan menjadi publisher-nya, sedangkan Lizardcube diberi tanggung jawab buat menangani segala aspek visual permainan.

Berdasarkan penjelasan developer, Streets of Rage 4 diramu sebagai penerus seri ini. Trailer perdananya fokus pada dua karakter utama, yaitu Axel Stone dan Blaze Fielding, dan game di-setting 'bertahun-tahun' setelah Streets of Rage 3 berakhir. Ketiga tim tersebut berjanji untuk menyuguhkan elemen gameplay beat 'em up klasik yang dikombinasikan bersama mekanisme baru racikan Guard Crush Games.

Penuturan Lizardcube mengindikasikan dukungan mode multiplayer kooperatif dua orang. Trailer juga baru memperlihatkan Axel (dengan janggutnya) dan Blaze, sedangkan bagi fans, ada karakter-karakter protagonis lain yang dahulu bisadimainkan - misalnya Adam Hunter, Skate, Max Thunder, dan Roo. Belum diketahui apakah mereka akan hadir di Streets of Rage 4 atau tidak.

Salah satu pesona dari franchise Streets of Rage adalah visual 16-bit pixelated penuh warna dan alunan lagu yang terinspirasi dari musik dance 90-an kreasi Yuzo Koshiro dan Motohiro Kawashima. Developer bermaksud untuk meneruskan tradisi ini, dan khusus pada aspek grafisnya, Lizardcube mengusung art direction dua dimensi yang digambar menggunakan tangan - dikerjakan oleh para talenta di belakang Wonder Boy: The Dragon’s Trap.

Saat artikel ini ditulis, belum diketahui kapan tepatnya Streets of Rage 4 akan dirilis. Menariknya, ada indikasi cukup kuat bahwa Sega akan melepas permainan di PC dan Switch, sedangkan platform lainnya belum dikonfirmasi.

Dalam industri gaming, nostalgia memang bisa menjadi senjata ampuh dalam menggaet perhatian calon konsumen. Para gamer veteran kemungkinan besar akan memasukkan Streets of Rage 4 dalam daftar 'spotlight-nya'. Tapi tentu nostalgia saja tidak cukup. Developer tak boleh lupa buat menawarkan sesuatu yang baru, dan memastikan agar kejadian seperti Mighty No. 9 tak terulang lagi. Khusus buat Streets of Rage 4, saya pribadi berharap adanya dukungan multiplayer co-op lebih dari dua orang.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter