Categories

Gadget

Setelah Hampir 5 Tahun, Smartphone Windows Pertama Lenovo Akhirnya Resmi Diungkap

Smartphone Windows pertama Lenovo bakal mengusung nama SoftBank 503LV dan mulai tersedia Oktober mendatang

Bambang Winarso - 15 July 2016

Kabar bahwa Lenovo berencana merilis smartphone berbasis Windows telah berhembus sejak tahun 2011 silam. Tapi hingga pertengahan 2012 yang disebut sebagai tanggal rilis, perangkat bersangkutan tak kunjung menampakkan diri. Selentingan berita mengatakan Lenovo baru akan meluncurkan perangkat tersebut pada Februari 2014, tapi lagi-lagi tidak menjadi kenyataan.

Dan akhirnya, kini setelah hampir lima tahun berselang, berdasarkan rilis resmi Microsoft Jepang, Lenovo merealisasikan janjinya itu dengan menyibak wujud smartphone berbasis Windows 10 Mobile pertamanya disertai rincian spesifikasi yang diusung. Pun demikian, meskipun membawa logo Lenovo, perangkat tersebut bakal dipasarkan dengan nama yang berbeda yang merupakan nama dari salah satu operator terbesar di Jepang.

Smartphone yang memiliki lebar layar 5 inci tersebut dijuluki SoftBank 503LV yang secara eksklusif bakal dijajakan oleh operator SoftBank di kawasan Jepang. Sebagai catatan saja, Softbank merupakan perusahan induk dari operator asal paman Sam, Sprint.

Smartphone berbasis Windows pertama Lenovo bakal menggunakan nama SoftBank

Dikutip dari Microsoft Jepang, SoftBank 503LV mengemas rancangan istimewa yang menebarkan kesan mewah. Kedua sisi perangkat dilapisi material kaca dengan sederet fitur-fitur mentereng. Di depan, ia mengemas resolusi 1280 x 720 piksel yang terpampang dari layar selebar 5 inci. Jeroannya mengandalkan chipset Snapdragon 617 yang membawa prosesor delapan inti berkecepatan 1,5GHz dan RAM 3GB. Ruang simpan yang disediakan seluas 32GB plus dukungan microSD hingga 128GB.

Sepasang kamera dapat dijumpai di bagian belakang dan depan masing-masin 8MP dan 5MP, serta dukungan baterai sebesar 2.250mAh.

Dengan bekal komponen-komponen di atas, SoftBank 503LV bakal memberikan keunggulan berupa dukungan fitur Continuum yang memungkinkan ia berperan layaknya PC. Sayangnya baik Microsoft maupun Lenovo belum membeberkan berapa mahar yang harus digelontorkan konsumen untuk membawa pulang perangkat yang bakal dirilis Oktober ini.

Sumber berita Microsoft.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter