18 February 2015

by Bambang Winarso

Setelah Indonesia, Android One Hadir di Filipina

Setelah mengunjungi India, Bangladesh, Nepal, Sri Lanka, Nepal, dan Indonesia. Program Android One garapan Google mendarat di Filipina. Untuk menggarap pasar lokal di sana, Google menggandeng dua pabrikan perangkat yang mengusung nama Cherry One dan MyPhone Uno.

Cherry One dan MyPhone Uno dijadwalkan mulai dijual dalam beberapa minggu ke depan. Tak banyak perbedaan spesifikasi yang diusung oleh perangkat ini jika dibandingkan dengan smartphone program Android One yang sudah meluncur di India ataupun Indonesia.

Dikutip dari PhoneArena, Cherry One dan MyPhone Uno mempunyai spesifikasi yang identik yakni berupa layar LCD berukuran 4,5 inci dengan resolusi 854 x 480 piksel, prosesor quad-core Mediatek MT6582 SoC dengan kecepatan clock 1,3GHz, kemudian RAM 1GB.

Perbedaan keduanya terletak pada memori internal. Jika MyPhone Uno hanya menawarkan memori 4GB, Cherry One lebih lega sebesar 8GB.

Info Menarik:Semakin Serius Sasar Konsumen Smartphone di Indonesia, ZTE Resmikan Gerai Pertamanya di Yogyakarta

Bagi konsumen di Filipina, Google telah memastikan bahwa pemilik perangkat nantinya akan memperoleh penawaran paket data yang menarik guna memangkas biaya data saat mereka mengunduh aplikasi dari Google Play atau melakukan update via OTA.

Rincian lengkap kedua perangkat baik Cherry One ataupun MyPhone Uno saat ini belum diungkap oleh kedua pabrikan, dari pantauan TRL di web resmi keduanya juga belum ada informasi yang menyinggung perangkat baru tersebut.

Bagi Anda yang masih abu-abu soal Android One, kembali TRL informasikan bahwa Android One bukanlah tipe perangkat, melainkan program inisiasi dimana Google menghadirkan model referensi yang bisa dijadikan acuan bagi pabrikan untuk membuat smartphone dengan harga yang bersahabat.

Itu sebabnya Google memilih negara-negara berkembang untuk menjalankan program ini, diawali dari India kemudian Bangladesh, Nepal, Sri Lanka, Nepal, Indonesia dan yang terakhir di Filipina.

Semua perangkat yang masuk dalam program ini akan memperoleh update Android (saat ini Android 5.1 Lollipop) secara langsung dari Google.

Sumber berita TheNextWeb dan gambar header Phonearena.