Categories

Gadget

Setelah Mengungkap Seri GPU GeForce GTX 900, Nvidia Umumkan Versi Mobile-nya

Yoga Wisesa - 8 October 2014

Walau pengumuman chip grafis Nvidia GeForce GTX 900 di ajang Game24 membuat fans heboh, kehadiran versi mobile-nya malah dirasa terlalu dini. Pasalnya, Nvidia belum lama ini mengenalkan seri GTX 800M untuk notebook. Terlepas dari itu, GeForce GTX 900M sudah tiba dan segera mentenagai berbagai jenis laptop, terutama model-model khusus gaming.

Hanya tujuh bulan setelah peluncuran GTX 880M dan 870M, Nvidia berniat menggantikan mereka dengan GTX 980M dan GTX 970M. Seperti seri M sebelumnya dan juga model desktop, GTX 900 diusung dalam mikroarsitektur Maxwell - pertama kali muncul di GTX 750 Ti. Bersama seri baru itu, Nvidia ingin menyajikan performa lebih baik dan penggunaan daya lebih hemat.

Walaupun kita sudah sering melihat gaming laptop high-end berperforma layaknya PC dekstop full tower, nyatanya pengguna tak bisa berada jauh dari stop kontak. Bukan cuma menguras baterai sangat cepat, performa permainan di notebook akan anjlok jika ia tak tersambung ke sumber listrik. Dan dari penjelasan Nvidia di situs mereka, masalah inilah yang mereka coba cari solusinya.

Tak hanya dirancang sebagai dua buah chip grafis mobile terkuat di pasar saat ini, GTX 980M dan GTX 970M menawarkan berbagai macam fitur penghematan daya, memungkinkan kita menikmati video game lebih lama tanpa pasokan listrik konstan. Bahkan diklaim sama baiknya ketika kabel tercolok ke stop kontak.

 

Info menarik: Nvidia Umumkan Shield Tablet Bertenaga Tegra K1 dan Integrasi Twitch

 

Tapi perlu kita ketahui, seri mobile tidaklah sekuat versi desktopnya. Nvidia mengklaim bahwa dua GPU tersebut memiliki sekitar 75 persen kemampuan GTX 980 dan GTX 970. Angka itu cukup besar jika dibandingkan dengan GTX 680M yang hanya memiliki performa 60 persen dari varian desktop untuk tipe serupa. Menggunakan GTX 900M, Far Cry mampu mencapai 100 frame rate per detik, Watch Dogs di 90 FPS, dan Assassin's Creed IV: Black Flag berjalan mulus di 60 FPS.

Hal paling menarik di tipe mobile ini adalah teknologi BatteryBoost. Ia dijanjikan mampu menghadirkan performa gaming maksimal selama dua jam dalam satu kali isi ulang berkat arsitektur Maxwell. Fitur tersebut dibantu juga oleh dukungan Nvidia GameStream dan Nvidia ShadowPlay.

Ketersediaan GTX 900M tak berarti Nvidia mencoba menghilangkan seluruh seri 800M. Kita akan tetap melihat beberapa model mainstream hingga low-end baik berbasis arsitektur Fermi maupun Maxwell contohnya 820M, 830M, 840M, GTX 850M, dan GTX 860M. Anda bisa melihat data spesifikasi lengkap GTX 980M dan 970M langsung dari situsnya.

GPU GeForce GTX 900M sudah tersedia dalam beragam notebook buatan partner Nvidia: Asus, MSI, Gigabyte, dan Clevo. Kita tinggal menunggu saja kehadiran mereka Indonesia.

Sumber: GeForce.com.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter