Categories

Gadget

Setelah Mobile Gaming, Nintendo Mulai Fokus ke Ranah Kesehatan dan Gaya Hidup?

Yoga Wisesa - 27 July 2015

Kabar soal platform baru Nintendo sudah terdengar semenjak awal tahun lalu. Saat itu, almarhum Satoru Iwata menuturkan bahwa dalam satu dekade ke depan, mereka mencoba meningkatkan kualitas hidup lewat hiburan. Asumsi sebelumnya mengacu pada console next-gen Nintendo, tapi kini semakin jelas bahwa mereka sedang mengekspansi lini bisnisnya.

Menyusul pemberitaan mengenai game mobile Nintendo dan NX, seorang user forum NeoGAF bernama Disorientator 'memergoki' sang perusahaan gaming raksasa pemegang franchise Mario dan Zelda itu belum lama mengajukan paten rancangan device unik: sebuah portable terminal yang bekerja mengumpulkan data terkait kesehatan tubuh sewaktu kita memejamkan mata di malam hari.

Berdasarkan informasi di situs Free Patents Online, portable terminal tersebut mengombinasi microphone, kamera ala Kinect, dan sensor dalam mengakumulasi skor akhir. Pada akhirnya, perangkat dapat mengetahui kualitas tidur serta keadaan emosi Anda. Buat sekarang belum ada foto yang memperlihatkan penampilan portable terminal itu, namun dari sejumlah ilustrasi sederhana, ia digarap buat diletakkan di samping tempat tidur serta memiliki docking untuk smartphone.

Info menarik: Kabarnya Console Nintendo ‘NX’ Segera Diproduksi Buat Dirilis Tahun Depan

Keunikan portable terminal Nintendo tidak berhenti sampai di sana. Device juga turut dibekali proyektor build-in. Dari gambarnya, display diproyeksikan ke atap, dan kita bisa melihat info tentang mutu tidur tanpa perlu beranjak. Di ilustrasi terakhir, terdapat sebuah papan mirip Wii Balance Board yang diletakkan di bawah. Mungkinkah ia berperan sebagai input tambahan buat mendukung olah data biometric?

Lalu info biologis seperti apa yang dibaca oleh portable terminal Nintendo? Fungsi dasarnya tidak jauh berbeda dari activity tracker sejenis, contohnya memberitahu jumlah denyut nadi dan lain-lain. Akan sangat keren jika perangkat tersebut mampu tersinkronisasi ke console portable 3DS ataupun Nintendo NX. Kemudian melalui kamera menyerupai Kinect, kemungkinan besar metode navigasi berbasis pada gerakan.

Namun tentu saja kita harus menanggapi berita ini sebagai pengajuan paten pada umumnya. Ia tidak merepresentasikan device akhir, dan besar pula probabilitas bahwa ide ini akan memperoleh revisi atau bahkan sama sekali tidak dilanjutkan menjadi produk konsumen.

Meski demikian, menyaksikan upaya Nintendo mencoba menembus ranah kesehatan dan gaya hidup merupakan hal menarik. Di sana, nama-nama semisal Jawbone, Fitbit sampai SevenHugs telah menanti.

Via Tech Radar. Header: Pure Nintendo.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter