Categories

Mobile

Setelah Qualcomm, MediaTek Juga Umumkan Chipset dengan Dukungan 5G Helio M70

MediaTek Helio M70 akan tersedia dalam jeroan smartphone pada paruh kedua tahun 2019

Bambang Winarso - 10 December 2018

Setelah Qualcomm menyita perhatian dunia dengan pengumuman Snapdragon 855-nya, kini giliran MediaTek yang juga ikut meluncurkan chipset berkemampuan 5G pertama yang dinamai Helio M70.

Helio M70 merupakan chipset yang akan menjadi tulang punggung industri mobile masa depan dengan sederet kemampuan yang disempurnakan dan tentu kemampuan jaringan baru, yakni 5G. Pembuat chip tersebut mengklaim bahwa Helio M70 akan membawa momentum baru dengan latensi yang lebih rendah dan pengalaman jaringan berkecepatan tinggi di era 5G masa depan.

Menyinggung teknologi jaringannya, MediaTek Helio M70 merupakan multimode silicon dengan dukungan jaringan 2G/3G/4G/LTE/5G. Artinya, perangkat yang mengadopsi chipset ini akan memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi dalam hal ketersediaan jaringan. Jika 5G masih sulit ditemui, perangkat tak akan menolak jaringan yang ada, bisa 4G atau 3GB sekalipun.

Tak hanya menonjolkan dukungan 5G yang sepertinya akan jadi fitur wajib di flagship tahun depan, Helio M70 juga mengakomodir tuntutan desain yang makin tipis dari waktu ke waktu. Rancangan dasarnya Helio M70 menggunakan solusi multi-mode yang menyederhanakan desainnya. Hal ini memungkinkan pabrikan perangkat untuk merancang smartphone dengan faktor bentuk yang lebih ramping tetapi dengan peningkatan efisiensi energi dan penampilan yang kompetitif.

MediaTek telah mengumumkan bahwa chipset akan tersedia dalam diri perangkat smartphone pada paruh kedua tahun 2019 di mana MediaTek NeuroPilot akan turut serta sebagai salah satu dukungan penting dan terbesar dari mereka. Di samping itu, Helio M70 juga dirancang agar dapat sejalan dengan spesifikasi baru 3GPP Rel-15 yang menjanjikan kecepatan transfer data hingga 5Gbps.

Di momen yang sama, MediaTek juga mengumumkan kerjasama antara pihaknya dengan sejumlah perusahan besar seperti China Mobile, Huawei, Nokia, NTT Docomo, dan banyak lagi untuk membantu membangun ekosistem industri dalam mencapai tujuan roadmap 5G tahun depan.

Sumber berita Gizmochina dan MediaTek.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter