21 February 2014

by Bambang Winarso

Microsoft Ubah Office Web Apps Jadi Office Online Lengkap dengan Fitur Baru

Setelah mengubah SkyDrive menjadi OneDrive, kemarin Microsoft kembali merombak nama salah satu layanan mereka yakni Office Web Apps menjadi Office Online. Bersamaan dengan perombakan nama, Microsoft juga menambahkan sejumlah fitur dan tampilan baru.

Cara kerja dan fungsi Office Online tak berbeda dengan Office Web Apps, yakni sebagai aplikasi Office versi online yang dapat diakses melalui peramban. Artinya pengguna tidak harus memiliki Microsoft Office yang terpasang di dalam komputer, cukup dengan mengakses lewat peramban pengguna tetap bisa membuat dokumen mulai Word, Excel, Onenote, Powerpoint dan Calendar. Semua jenis aplikasi tersebut dapat Anda akses di Office.com.

 

Info Menarik: Ericsson Akan Hadirkan Layanan Streaming TV

 

Lalu hal baru apa yang dibenamkan Microsoft ke Office Online?

Yang pertama berupa tampilan tatap muka baru, di mana kini semua aplikasi yang didukung oleh Office Online ditampilkan di halaman muka web Office.com. Untuk bisa mengakses seluruh fitur tersebut, pengguna diwajibkan untuk masuk ke akun masing-masing.

Kedua, Microsoft mengklaim telah menambahkan berbagai template untuk Word, Excel dan PowerPoint dengan tampilan yang lebih segar dan modern, bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam membuat dokumen yang diperlukan.

 

 

Info Menarik: Ark, Wireless Charger Fleksibel dan Serbaguna Pengganti Powerbank

 

Hal baru selanjutnya adalah adanya integrasi berupa kolaborasi antara aplikasi Office Desktop dan Office Online. Hal ini berguna sekali untuk pengguna yang memiliki aplikasi Office di komputernya, pengguna dapat melakukan modifikasi dokumen dari Office Online menggunakan aplikasi desktop dengan cara yang sama mudahnya.

Terakhir, Microsoft memberikan kemudahan akses kepada pengguna dengan adanya fitur yang membuat pengguna dapat membuat dan mengirimkan dokumen yang melibatkan tiga layanan antara lain Office, OneDrive dan Outlook.com dalam satu atap. Pengguna dengan mudah berpindah dari satu aplikasi ke dokumen atau menggunakan salah satunya tanpa kehilangan data yang lain.

Sobat Trenogoers yang penasaran bisa langsung mencicipi Office Online di tautan ini.

Sumber berita blog/Office dan gambar header Office.