Categories

Game

Setelah Sukses di Platform Flash, Multishop Tycoon Kini Hadir Untuk Smartphone Android

Adam Ardisasmita - 26 November 2014

Platform game flash hingga kini masih merupakan media yang populer bagi para pengembang game untuk membuat dan mendistribusikan karyanya. Salah satu studio game di Indonesia yang memiliki telah berbagai judul flash game adalah Maulidan Studio. Studio game asal Malang ini menurut web resminya telah meluncurkan tujuh judul game.

Pada tanggal 16 November 2014, Maulidan Studio meluncurkan Multishop Tycoon untuk perangkat berbasis Android. Multishop Tycoon telah terlebih dahulu diluncurkan dan sukses di platform flash.

Multishop Tycoon merupakan permainan simulasi memerankan seorang pengusaha yang ahli di bidang penjualan dan pemasaran. Di dalam game ini, kita akan bermain sebagai seorang pengusaha yang akan bertugas membantu sebuah perusahaan untuk bisa melakukan ekspansi bisnis. Kita harus mengembangkan bisnis perusahaan ini di beberapa daerah seperti di bukit, sekolah, pasar, pantai, hingga di dalam kapal.

Dalam menjalankan bisnis di game Multishop Tycoon, kita akan diminta membuka kios-kios di beberapa titik dari tiap lokasi yang tersedia. Tugas kita adalah untuk memastikan kios tersebut laku dan ramai dikunjungi oleh masyarakat.

 

Info menarik: Peneliti: Game Action Akan Membuat Kita Belajar Lebih Cepat

 

Kita bisa mengatur kios jenis apa yang ingin kita buka di area tersebut, apa barang yang ingin dijual di kios tersebut, hingga berapa harga yang kita tawarkan untuk dijual. Insting bisnis kita sebagai pemain akan diuji untuk bisa memberikan barang yang tepat dengan harga yang tepat di masing-masing lokasi.

screenshot multishop tycoon

Kelebihan dari game ini adalah gameplay-nya yang membuat kita penasaran dan ingin mencoba berbagai cara agar bisa mendapatkan profit yang besar. Selain itu kita juga bisa menikmati berbagai pilihan lokasi, perilaku pembeli yang berbeda di tiap lokasi juga menambah kesulitan di game ini sehingga semakin menantang.

Lalu kita juga diberikan pilihan kios dan produk yang sangat beragam, sehingga kombinasi yang bisa kita lakukan untuk terus meningkatkan bisnis perusahaan kita semakin luas. Pemain juga bisa menambahkan dukungan dari divisi marketing, human resource, stand management, dan divisi lainnya untuk bisa meningkatkan penjualan. Sudah berasa seperti bikin perusahaan sendiri bukan? Inilah yang membuat game ini menyenangkan untuk dimainkan.

Tidak mudah membuat game simulasi seperti ini karena dibutuhkan ketelitian dan kehati-hatian agar game bisa balance secara matematis dan statistik.

Namun sejauh saya mencoba memainkan game ini, saya merasakan tantangan yang dari waktu ke waktu semakin sulit dan kompleks. Hal tersebut membuat game ini semakin lama dimainkan akan semakin seru. Tidak heran game Multishop Tycoon ini mendapat rating yang bagus dari pemainnya, baik itu di platform flash maupun review di Google Play.

Screenshot multishop tycoon

Meskipun review dari pemain sudah cukup bagus, game Multishop Tycoon ini masih bisa dikembangkan lebih jauh lagi. Dari sisi visual, bentuk obyek seperti karakter penjaga stand atau pengunjung, stand-nya itu sendiri, hingga objek di lokasi seperti pohon sepertinya masih bisa diperbanyak variasinya sehingga tidak terkesan monoton. Beberapa obyek juga tampak pixelnya terlihat pecah di layar.

 

Info menarik: Gaet Veteran Square Enix, Game Target Acquired Buatan Indonesia Sukses di Kickstarter

 

Lalu dari sisi animasi, akan lebih baik kalau di dalam area tidak hanya pengunjung yang ada animasinya, tapi juga penjaga stand atau objek lain di dalam area tersebut bisa diberi animasi sehingga terlihat lebih hidup dan realistis. Layout user interface-nya juga masih bisa ditingkatkan dengan dibuat lebih bersih dan informatif agar memudahkan pemain dalam menavigasikan dan mengendalikan permainan.

Dari sisi audio, musik ketika fase standby atau persiapan untuk mengatur bisnis sebelum hari dimulai sudah menarik. Namun ketika hari sudah dimulai dan pengunjung mulai berdatangan, musiknya terdengar agak monoton. Suara sound effect di fase ini juga terdengar agak sedikit lebih keras sehingga tidak seimbang dengan musik background-nya.

Namun demikian, secara keseluruhan Multishop Tycoon memberikan pengalaman bermain simulasi bisnis yang sangat lengkap dan menarik. Komponen di dalam game ini sangat banyak dan seru untuk dimainkan.

Ada 12 level dan 40 quest yang bisa kita lakukan, 40 tipe barang yang bisa kita jual, lima lokasi yang bisa kita gunakan untuk membuka bisnis, hingga pilihan upgrade di kantor perusahaan yang sangat banyak, membuat game ini menjadi sangat menantang dan tidak membosanka.

Jadi bagi yang ingin menguji kemampuan bisnisnya serta mencoba merasakan bagaimana rasanya menjadi pengusaha, silahkan di-download gameMultishop Tycoon di Play Store secara cuma-cuma.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id