Categories

Gadget

Setelah Tiga Tahun, Google Maps Bakal Hadir Kembali di Apple Watch

Sempat hilang tanpa alasan di tahun 2017

Glenn Kaonang - 13 August 2020

Salah satu alasan yang selalu mencegah saya membeli Apple Watch – selain perkara uang tentu saja – adalah, secanggih apapun perangkat tersebut, pengguna tidak bisa mengakses Google Maps darinya. Padahal, turn-by-turn navigation menurut saya merupakan salah satu kegunaan terbaik dari smartwatch.

Percaya atau tidak, Google Maps sudah lenyap dari Apple Watch sejak tahun 2017. Baik Apple maupun Google tidak memberikan alasan apapun, padahal sebelumnya Google Maps sempat hadir di Apple Watch sebagai extension dari aplikasi versi iPhone-nya. Sebagai gantinya, pengguna Apple Watch hanya punya akses ke Apple Maps. Di Amerika mungkin ini bukan masalah besar, tapi di negara lain, Google Maps masih merupakan pilihan yang lebih rasional.

Kabar baiknya, Google sudah punya rencana untuk meluncurkan kembali Google Maps di Apple Watch. Dalam beberapa minggu ke depan, pengguna Apple Watch di seluruh dunia bisa mengunduhnya dan mengakses fitur seperti step-by-step direction atau estimasi waktu sampai tiba di tujuan.

Semua lokasi favorit yang disimpan di akun masing-masing pengguna bisa langsung diakses dari Maps versi Watch, sedangkan untuk lokasi yang tidak tersimpan, pengguna perlu memilihnya terlebih dulu di iPhone. Meski mungkin cuma kebetulan, kehadiran Google Maps di Apple Watch semestinya bakal disambut oleh konsumen yang sedang menggandrungi hobi bersepeda.

Selain di Apple Watch, Google Maps juga akan hadir di mode Dashboard milik CarPlay, memungkinkan pengguna untuk melihat tampilan peta bersamaan dengan media control. Keduanya akan ditampilkan dalam format split screen, sehingga pengguna tetap bisa memantau petunjuk navigasi selagi mempercepat playback speed podcast yang diputar, atau mengecek agenda di kalender.

Google bilang dukungan Maps pada CarPlay Dashboard ini sudah tersedia sekarang juga di semua mobil yang mendukung secara global. Seharusnya ini juga mencakup head unit aftermarket CarPlay besutan Sony maupun sejumlah pabrikan lain.

Sumber: Google.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter