Setelah sebelumnya Traveloka yang mengumumkan kerja samanya dengan PT Kereta Api Indonesia, kini giliran Bukalapak. Tujuannya sama, untuk memperluas kanal penjualan, terutama untuk menyambut arus mudik lebaran. Di sisi segmen online marketplace, Tokopedia telah terlebih dulu memiliki kanal pembelian tiket kereta api. Di Bukalapak, calon penumpang dapat memilih tempat duduk sesuai ketersediaan dan juga dapat membeli tiket sejak H-90 hari sebelum tanggal keberangkatan.

“Lebaran adalah momen yang dinanti semua umat muslim dan mudik sudah menjadi bagian dari budaya di Indonesia. Untuk itu, Bukalapak berupaya mempermudah para pelanggan kami di lebaran kali ini dengan menyediakan tiket KAI lebih awal. Tiket mudik sudah dapat dipesan mulai tanggal 20 Maret 2017,” sambut Founder dan CEO Bukalapak Achmad Zaky.

Salah satu yang ingin diunggulkan, pengguna bisa memanfaatkan BukaDompet untuk pembayaran, sebuah e-wallet untuk para konsumen dan pemilik merchant di layanan Bukalapak.

“Selain itu, membeli tiket kereta api di Bukalapak juga lebih mudah karena tersedianya berbagai metode pembayaran. Pengguna dapat menggunakan BukaDompet agar pembayaran lebih praktis dan terverifikasi, atau bisa juga dengan menggunakan transfer bank, kartu visa atau mastercard, BCA Klikpay, Mandiri Clickpay, Mandiri E-Cash, CIMB Clicks atau rekening ponsel, dan juga Alfamart,” lanjut Zaky.

Jika melihat tahun-tahun sebelumnya, ketika pemesanan tiket lebaran dibuka, konsumen pun langsung menyerbu habis. Dan yang paling parah, seringkali berbagai kanal online down karena lonjakan pengunjung yang signifikan di waktu bersamaan. Dengan bertambahnya kanal pemesanan ini, diharapkan dapat menjadi load balancer untuk menyiasati isu tersebut. Dan semoga dari sisi PT KAI juga bebarengan dengan peningkatan infrastruktur server backend yang digunakan.