21 February 2018

by Bambang Winarso

Setiap Bulan, Ada 12 Miliar Pencarian Gambar Animasi GIF di Layanan Tenor

Tenor berupaya terus mempercepat proses pencarian, bukan menahan pengguna agar berlama-lama

Gambar animasi GIF tampaknya menjadi opsi yang cukup populer untuk mengekspresikan diri. Untuk mengirimkan gambar jenis ini, Anda punya dua opsi, pertama membuatnya sendiri menggunakan aplikasi kamera di smartphone, atau kedua menggunakan aplikasi keyboard Tenor atau aplikasi mesin pencari gif dari Giphy.

Selain itu, beberapa aplikasi pesan instan juga sudah menyediakan integrasi ke layanan Tenor ataupun Giphy, sehingga memudahkan pengguna mengirimkan gambar GIF tanpa harus repot membuatnya sendiri. Tenor dan Giphy memang mendominasi bisnis ini. Menurut CEO Tenor, David McIntosh ada 400 juta pencarian yang terjadi setiap hari di aplikasinya. Jika dikalkulasikan dalam satu bulan, angkanya meledak sebesar 12 miliar pencarian.

Angka pencarian ini naik cukup signifikan dari statistik dua bulan lalu di mana Tenor mencatatkan pencarian harian di angka 330 juta dan pencarian bulanan di 10 miliar.

Dalam paparannya kepada Techcrunch, David McIntosh mengatakan bahwa Tenor berbeda dengan Facebook, Twitter dan Instagram yang berusaha menarik kembali pengguna dan menahannya selama mungkin. Tenor justru berupaya agar pengguna dapat menemukan gambar GIF secepat mungkin, segera keluar dari aplikasi dan mengekspresikan diri lewat gambar pilihannya. Hal ini tak lepas dari konsep dasar layanannya sebagai produk pencarian.

Tenor juga mulai melakukan ekspansi ke pasar global dengan cara menggandeng rekanan untuk membuat kampanye-kampanye menguntungkan. Harapannya, ke depan mereka dapat mengoptimalkan monetasi lewat pengiklan-pengiklan potensial di pasar yang lebih luas.

Di antara para pesaing, Tenor terbilang punya posisi yang bagus. Giphy jadi rival paling kuat dengan 300 juta pengguna aktif harian, sedangkan Gfycat mengantongi 130 juta pengguna aktif bulanan.

Application Information Will Show Up Here