16 November 2018

by Bambang Winarso

Sharp Aquos R2 Compact Punya Dua Notch dan Chipset Garang, Snapdragon 845

Ini adalah generasi kedua yang menyempurnakan pendahulunya, Sharp Aquos R Compact

Tahun lalu Sharp merilis Aquos R Compact, sebuah smartphone yang mencoba mengikuti trend dengan tonjolan notch di dahi. Tapi sayang, smartphone itu kurang menarik karena masih mempunyai tombol home yang banyak menyita ruang layar hingga tersisa hanya 4,9 inci.

Tapi untuk model tahun ini lewat Aquos R2 Compatc, Sharp mencoba lebih berani dan tak biasa dengan membenamkan bukan satu tapi dua notch di atas dan bawah. Notch di bagian atas menjadi rumah bagi kamera selfie dan notch bagian bawah untuk tombol home. Desain baru ini memungkinkan Aquos R2 Compact menampilkan layar yang besar dengan dimensi yang sama seperti model terdahulu.

Layar model terbaru ini memiliki ukurang 5,2 inci menggunakan panel LCD IGZO dengan resolusi 2280 x 1080 piksel. Di bawah tenda, Aquos R2 Compact memberikan kejutan berupa chipset Snapdragon 845 dan RAM 4GB serta penyimpanan internal 64GB. Kemudian di bagian punggung ada baterai 2500mAh yang disempurnakan dengan kamera 22,6MP.

Untuk meningkatkan kualitas bidikan, kamera Aquos R2 Compact membawa teknologi mesin ProPix yang mampu menyesuaikan pencahayaan dan white balance. Tak lupa ada juga tambahan fitur OIS, EIS dan AI scene detection. Sementara itu di bagian depan duduk kamera 8 megapiksel yang dapat berfungsi sebagai flash saat mengambil foto selfie sekaligus face unlock untuk membuka kunci perangkat.

Android 9 Pie OS disematkan sejak lahir di Aquos R2 Compact bersama asisten suara EMOPA. Fitur konektivitas standar smartphone modern juga dipastikan hadir, seperti 4G VoLTE, Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth 5.0, GPS, USB-C, dan headphone jack 3.5mm.

Sayang belum ada informasi resmi soal harga dan kapan smartphone akan mulai dijajakan. Kemungkinan besar, Sharp juga akan fokus dulu ke pasar dalam negeri sebelum merambah pasar lain.

Sumber berita Ubergizmo dan Sharp.