22 March 2018

by Lukman Azis

Sharp Aquos S3 mini, Smartphone Notch Berkamera Depan 20MP dengan Face Unlock

Smartphone notch ini bertenaga chipset Snapdragon 630 berpadu RAM 6GB

Belakangan ini smartphone dengan notch terlihat makin ramai. Meski dipopulerkan oleh Apple iPhone X, sebenarnya Essential Phone besutan "Bapak Android" Andy Rubin sudah lebih dulu menggunakan desain notch.

Kini sejumlah pabrikan Android pun latah menempelkan notch, tak terkecuali Sharp. Perusahaan milik Foxconn tersebut telah merilis smartphone notch Sharp Aquos S3 mini.

Sebutan 'mini' tersebut lantaran device ini punya penampang layar 5,5 inci. Saat ini kebanyakan smartphone bezel-less umumnya mengusung layar lebih besar sekitar 5,7 - 6 inci.

Rasio layar yang digunakan tidak biasa yaitu 17:9 dengan resolusi Full HD+ 1080x2040 piksel. Layar IGZO IPS tersebut mampu menampilkan tingkat kecerahan hingga 500 nits dan mendukung cakupan warna sRGB 135 persen.

Kemudian di atas layar, ada notch dengan desain mirip Essential Phone, sebagai rumah bagi kamera depan 20-megapixel (f/2.0). Kamera ini telah didukung teknologi kecerdasan buatan (AI) dan bisa digunakan sebagai face unlock yang mampu memindai 1024 titik di wajah. Sedangkan, pemindai sidik jari masih bisa dijumpai di bawah layar.

Berbalik ke belakang, terdapat kamera utama 16-megapixel dengan aperture f/2.0, ukuran piksel 2μm, dan teknologi PDAF. Untuk dalamannya, smartphone Android 7.1 Nougat itu sudah dipersenjatai chipset Snapdragon 630 yang didukung RAM sebesar 6GB dan penyimpanan 64GB.

Harga Sharp Aquos S3 mini dibanderol 1599 yuan atau sekitar Rp3,4 jutaan di Tiongkok melalui JD.com dan tersedia dalam pilihan warna black, blue, dan gold.

Sumber: GSMArena