Categories

Gadget

Ikut Bermain di Industri Layar OLED, Aquos Zero Jadi yang Pertama Bagi Sharp

Sharp Aquos Zero akan mulai dijual pada akhir tahun ini, dan kemungkinan besar juga akan ditawarkan ke Eropa

Bambang Winarso - 4 October 2018

Di industri mobile khususnya perangkat dengan layar OLED, Samsung masih jadi penguasanya. Nama LG dan Sony membuntuti di belakang namun belum senyaman Samsung. Kini, pemain baru ikut bergabung. Berasal dari Jepang, Sharp resmi menyatakan diri untuk ikut bersaing di industri layar OLED. Deklarasi itu mereka wujudkan langsung dalam bentuk perangkat smartphone baru bernama Aquos Zero.

Aquos Zero memulai debut dengan iming-iming yang cukup wah. Yang paling mudah terlihat, di komponen layar ia menggunakan penampang lebar 6,2 inci yang terbilang luas untuk ukurang smartphone. Kejutan lain, Sharp menggunakan magnesium alloy yang dikombinasikan dengan kevlar di panel belakang untuk menekan bobot perangkat. Walhasil, bobot 146 gram bisa dicapai namun tetap dengan kekuatan yang terjaga. Setelah itu, sistem operasi Android 9.0 Pie menyempurnakan gebrakan yang dibuat oleh Aquos Zero.

Di bawah tenda bersemayam chipset Qualcomm Snapdragon 845 yang dikombinasikan dengan Kryo 385 GPU dan Adreno 630 GPU. Ada RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB sebagai pendamping prosesor. Tetapi karena kapasitas memorinya yang sudah besar, Sharp tidak menawarkan slot kartu MicroSD atau varian penyimpanan yang lebih tinggi.

Sisi audio juga mendapatkan perhatian khusus di mana Sharp memilih untuk menggunakan speaker stereo dengan Dolby Atmos dan dukungan Hi-Res Audio. Meskipun Sharp tidak lagi menawarkan audio jack 3,5mm.

Di segmen kamera, Sharp Aquos Zero membungkus sensor kamera tunggal di bagian belakang. Resolusi sensornya di 22.6MP, sementara di depan ada sensor 8MP yang akan menangani tugas mengabadikan selfie ataupun panggilan video. Apabila geser ke belakang, bisa kita jumpai sensor sidik jari untuk membuka kunci. Dan bila mengintip lebih ke dalam akan ada baterai 3130mAh untuk menjaga perangkat terus menyala.

Sharp Aquos Zero akan tersedia di Jepang pada akhir tahun tetapi mereka belum secara terang-terangan membeberkan berapa harga jualnya. Yang menarik, Sharp perlahan sudah menghadirkan diri ke pasar Eropa, jadi kemungkinan besar Aquos Zero juga akan menyusul beberapa seniornya yang sudah lebih dulu tiba di sana.

Nah, selain dibenamkan ke smartphone keluarannya. Layar OLED buatan Sharp juga akan dijual ke perusahaan lain yang membutuhkan.

Sumber berita Sharp and Ubergizmo.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter