Categories

Mobile

Shazam Kini Bisa Mengenali Lagu dengan Lebih Cepat

Cuma butuh waktu 1 - 2 detik untuk mengenali sebuah lagu, terkadang lebih

Glenn Kaonang - 24 November 2015

Aplikasi penebak judul lagu Shazam baru saja mendapat update yang cukup signifikan. Pembaruannya ada di balik layar, yang berarti dari segi tampilan aplikasi tersebut masih kurang lebih sama.

Utamanya adalah peningkatan teknologi pengenal lagu yang dimiliki Shazam. Dalam update terbaru ini, kemampuan Shazam mengenali sebuah lagu meningkat pesat. Berdasarkan percobaan saya, Shazam cuma butuh waktu 1 detik untuk menebak judul lagu The Wanderer yang dipopulerkan oleh penyanyi blues Dion DiMucci di tahun 60-an.

Sama halnya ketika saya coba untuk mencari judul lagu yang dibawakan band Journey, Shazam mampu menampilkan hasilnya dalam waktu kurang lebih 2 detik. Tentu saja, masih ada faktor lain yang berpengaruh, seperti misalnya seberapa berisik suara di sekitar ataupun kecepatan koneksi internet. Tapi dalam kondisi yang terbilang normal, peningkatan kecepatannya cukup terasa.

Di saat yang sama, Shazam juga menghadirkan fitur pencarian teks yang lebih lengkap. Fitur ini sangat memudahkan pengguna yang hendak mencari tahu lagu-lagu baru, video klip maupun lirik dari sebuah lagu.

Tidak kalah menarik, pengguna juga bisa mencari tahu apa yang di-Shazam oleh musisi idolanya. Jadi secara garis besar kita bisa tahu musik seperti apa yang umumnya membuat sang artis tertarik. Semua ini bisa dilakukan secara cuma-cuma dan tanpa perlu mendaftarkan akun.

Sumber: Business Wire. Gambar header: Shazam via Shutterstock.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter