Travel blog maupun aplikasi macam Pinterest dan Trip Advisor merupakan salah satu sumber inspirasi utama bagi Anda yang gemar berwisata. Namun terkadang sebuah foto Instagram saja sudah cukup menginspirasi tujuan Anda selanjutnya.

Sebuah startup bernama Sherpa percaya bahwa koleksi konten yang masif yang sudah ada di Instagram bisa dijadikan panduan wisata asalkan diorganisasikan dengan baik. Itulah yang mereka lakukan lewat aplikasi iPhone mereka yang bernama Sherpa.

Sherpa sederhananya akan mengubah foto-foto traveling terbaik di Instagram menjadi panduan wisata terkurasi, dengan memanfaatkan fitur geotagging milik media sosial tersebut. Kontennya disajikan secara visual dan dengan informasi pelengkap dari layanan lain seperti Foursquare atau Wikipedia.

Sherpa

Selama tahap beta, Sherpa telah mengajak lebih dari 2.000 pengguna Instagram bereputasi yang tersebar di 90 negara. Sekarang setidaknya sudah ada lebih dari 500.000 foto yang dikelompokkan menjadi 15.000 album panduan wisata.

Pengguna bebas mencari koleksi foto berdasarkan nama lokasi, atau mencomot dari daftar lokasi yang sedang ngetren. Konten dari Wikipedia dimaksudkan supaya Anda setidaknya punya sedikit pemahaman tentang lokasi tersebut, tapi fokus utama Sherpa adalah menginspirasi Anda lewat foto-foto traveling terbaik.

Sherpa

Ke depannya, Sherpa bahkan berniat untuk menghadirkan fitur booking demi kelancaran monetisasi mereka. Contoh yang paling gampang, pengguna nantinya bisa mencari sekaligus memesan hotel di suatu lokasi berdasarkan foto yang dilihat.

Sherpa sekarang sudah bisa diunduh secara cuma-cuma melalui App Store. Sayang belum ada informasi apakah ia akan mendarat di Android juga atau tidak.

Sumber: PetaPixel dan TechCrunch.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.