1. Startup

Shiv App Sajikan Layanan Transfer Antar Bank Gratis

Transfer dapat dilakukan menggunakan metode rekening bank dan juga via email

Startup fintech dengan layanan mobile wallet mulai bermunculan di tanah air. Setelah sebelumnya Flip hadir dengan solusi yang memudahkan pengguna smartphone untuk dapat melakukan transfer uang lintas bank dengan mudah, kini Shiv App hadir meramaikan pangsa pasar dengan layanan yang hampir sama.

Shiv bekerja sebagai perantara antara seseorang yang ingin mentransfer uang dengan calon penerimanya. Setiap transaksi dilakukan melalui rekening perantara Shiv, nantinya Shiv akan mengirimkan kepada penerima yang dituliskan. Meskipun nantinya dikirimkan ke nomor rekening berbeda, Shiv mengatakan bahwa tidak ada biaya transfer untuk kebutuhan tersebut. Saat ini limit transfer tiap pengguna per hari mencapai 2 juta.

Dengan rata-rata pemrosesan transfer selama 20 menit, Shiv kini sudah melayani transaksi kirim uang tanpa biaya dari 10 bank populer di Indonesia ke lebih dari 53 nomor rekening bank tujuan. Saat ini juga baru terdapat layanan mode web, belum dirilis untuk mobile apps dari Shiv.

Bagi yang tertarik untuk menggunakan layanan Shiv, langkah yang diperlukan untuk memulai transaksi adalah pengguna harus mendaftarkan diri di website Shiv App. Selanjutnya pengguna diminta memilih jenis pengiriman uang, apakah hendak via bank (uang yang dikirim akan masuk ke rekening bank penerima) atau via email (uang akan diterima di email yang dituju dan dapat ditarik ke rekening penerima). Selanjutnya pengguna diminta melengkapi informasi transfer dan pin keamanan yang di-generate oleh sistem Shiv. Pengirim dan penerima akan mendapatkan nomor pin yang sama.

Ketika uang yang dikirimkan ternyata mengalami kendala, semisal karena rekening penerima tidak valid, maka Shiv akan mentransfer balik nominal sesuai dengan yang dikirimkan sebelumnya oleh pengguna. Layanan yang memulai beta-launch pada 30 April 2016 lalu ini memang belum menggali revenue pada bisnis ini. Shiv cenderung lebih ingin memperluas pangsa pasar dan melakukan akuisisi pengguna.

Saat ini pemrosesan layanan memang masih manual. Prosesnya kurang lebih dapat disimulasikan seperti ini. Misalnya si A memiliki rekening Mandiri, ingin mentransfer uang ke si B dengan rekening BRI. Si A mentransfer melalui Shiv dengan mode rekening ke nomor rekening Mandiri Shiv, selanjutnya Shiv akan mengirimkan nominal yang sama dari rekening BRI Shiv ke nomor rekening si B. Pada dasarnya memang tidak ada biaya transaksi yang harus dikeluarkan keduanya. Namun biaya layanan yang seharusnya ada ke depan tampaknya ingin dipertahankan Shiv dan digantikan dengan otomatisasi sistem.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again