Categories

Berita

Shoop! Jadi Satu-Satunya Perwakilan Indonesia di ASEAN ICT Awards 2014

Aditya Daniel - 5 September 2014

Inkubator startup Ideabox yang merupakan hasil kerja sama Indosat dengan Mountain SEA Ventures patut berbangga. Shoop!, salah satu startup yang mengikuti program Ideabox batch pertama berhasil menjadi salah satu nominasi pemenang ASEAN ICT Awards (AICTA) 2014 yang akan diselenggarakan di Kuala Lumpur 14 September mendatang. Shoop! menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia di ajang tersebut.

Shoop! akan bersaing dengan Osja Studio yang berasal dari Kamboja dan Golfdigg dari Thailand di kategori Startup. Founder Shoop! Brian Arfi Faridhi mengatakan bahwa Shoop! sebagai satu-satunya wakil dari Indonesia akan berusaha keras untuk membawa pulang medali emas sebagai pemenang penghargaan dalam AICTA 2014.

AICTA adalah program dan proyek prestisius yang disetujui oleh menteri-menteri telekomunikasi negara ASEAN. AICTA bertujuan untuk menjadi tolak ukur kesuksesan dalam hal inovasi dan kreativitas. AICTA menawarkan kesempatan bisnis dan mempromosikan hubungan dagang sambil meningkatkan kekuatan ICT ASEAN, baik secara lokal maupun regional.

Salah satu implementasi Shoop! setelah keluar dari inkubasi Ideabox adalah pengintegrasian backend system-nya dengan Cipika Store, sebuah marketplace online milik Indosat yang beberapa waktu lalu  hadir dengan tampilan baru dan merilis aplikasi mobile-nya di platform Android. Indosat menawarkan penguasaan minoritas saham Shoop! untuk memastikan kerja sama ini berlangsung eksklusif.

Sebelumnya Ideabox sendiri sudah memperoleh penghargaan untuk kategori layanan inovasi konsumen tahun 2014 dari Global Telecoms Business (GTB). GTB Innovation Awards merupakan ajang tahunan yang diberikan untuk perusahaan-perusahaan dengan proyek paling inovatif di industri telekomunikasi. Keberhasilan Shoop! memperoleh nominasi menjadi salah satu cerminan keberhasilan program inkubasi Ideabox yang menginginkan kesuksesan setiap startup yang dibinanya.

Selain Shoop!, Ideabox di batch pertamanya berhasil menginkubasi 3 startup lainnya, yaitu Dealoka, Unyu, dan Ngomik. Aplikasi untuk membaca komik Ngomik sendiri diklaim sudah memiliki valuasi lebih dari $1 Juta dan dikabarkan segera mendapatkan investasi dari pihak eksternal. Ideabox tahap kedua yang akan melangsungkan Bootcamp-nya dalam waktu dekat memberi kesempatan startup untuk memperoleh inkubasi intensif selama empat bulan. Tempat di batch kedua bakal diperebutkan oleh 18 startup finalis.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter