Categories

Berita

ShopDeca, Zalora dan BerryBenka Kebanjiran Pengunjung Pada Gelaran Hari Belanja Online Nasional Kemarin

Avi Tejo Bhaskoro - 13 December 2013

Kemarin, atau tepatnya pada tanggal 12 Desember (12/12), mungkin menjadi hari yang cukup spesial bagi pencinta belanja online di Indonesia. Karena pasalnya pada hari itu, segenap pelaku e-commerce Indonesia secara serempak mengadakan Hari Belanja Online Nasional 2013 (#1212SALE) yang diisi dengan diskon-diskon menarik. Hari itu, tentu tak hanya menjadi “surga” bagi pebelanja saja namun juga menjadi hari yang penting bagi para pelaku e-commerce, seperti halnya dengan ShopDeca ,Zalora dan juga BerryBenka. Ketiga situs e-commerce yang bergerak pada lini fashion ini baru saja mengungkapkan betapa derasnya arus trafik pengunjung yang berdampak pada peningkatan sales di hari tersebut. Seperti apa kisahnya?

Lonjakan Trafik Pengunjung

Diawali dari ShopDeca, pada Hari Belanja Online Nasional kemarin, ShopDeca yang juga ikut mengambil bagian dalam memeriahkan hari tersebut menyatakan hari itu sebagai suatu kesuksesan sehari yang berdampak sangat baik pada perkembangan bisnisnya secara jangka panjang. Dikabarkan langsung melalui rilisan resmi yang kami terima, di hari yang mungkin mirip dengan "black Friday" di Amerika sana, ShopDeca mengklaim telah mengalami lonjakan trafik hingga 10 kali lipat dari biasanya. Apa lagi penyebabnya kalau bukan deretan potongan harga yang cukup membuat konsumen tak tahan untuk membuka dompetnya. Lonjakan itu juga mampu membuatnya mencetak rekor transaksi penjualan yang belum pernah dicapai sebelumnya. Sayangnya Shopdeca tidak memberikan jumlah angka yang dimaksud.

Sama seperti ShopDeca, Zalora yang turut berpartisipasi dalam hari diskon 24-jam tersebut juga memperoleh pencapaian yang luar biasa. Disampaikan oleh Magnus Grimeland, selaku Managing Director Zalora Indonesia, pada Hari Belanja Online Nasional kemarin Zalora tercatat juga meraih berbagai peningkatan yang cukup signifikan. “Pencapaian #1212Sale kali ini sangat fantastis! Peningkatan tidak hanya terdapat pada jumlah order yang bertambah 10 kali lipat dari jumlah order normal, namun juga pada jumlah visitor yang berlipat ganda serta jumlah pelanggan baru yang mencapai 10 kali lebih banyak dari hari biasanya,” ungkap Magnus sebagaimana yang tertera dalam rilisan resmi.

Lonjakan trafik pengunjung pun juga dialami oleh BerryBenka, situs e-commerce yang beberapa waktu lalu dilaporkan sempat memperoleh pendanaan seri-B dari Transcosmos ini juga melaporkan hal yang sama. Disampaikan langsung melalui press release yang baru saja kami terima, BerryBenka menjelaskan perihal peningkatan trafik yang juga mencapai 10 kali lipat dibanding hari biasa dengan ditambah berhasil mencetak ribuan transaksi hanya dalam beberapa jam saja.

Gangguan Server

Lonjakan trafik pengunjung yang dialami oleh tiga e-commerce tadi ternyata tak selalu memberi dampak yang menyenangkan. Karena pasalnya, dari ketiga e-commerce tersebut, tak satu pun yang luput dari gangguan server yang mengakibatkan situsnya tak dapat diakses untuk beberapa saat. Seperti yang dialami oleh Zalora. Pagi hari, ketika gelaran #1212 dimulai, situs Zalora sempat merem melek hingga akhirnya sempat terputus untuk beberapa waktu. Mengenai hal tersebut, Magnus mengungkapkan, hari itu Zalora berinisiatif menambah kapasitas servernya guna mengantisipasi membludaknya respon masyarakat terhadap hari belanja online ini. “Bahkan, rekan-rekan kerja di head office di Bidakara juga ikut turun gunung membantu rekan-rekan mereka di warehouse untuk memastikan setiap order diproses secara cepat,” paparnya.

BerryBenka pun juga sempat mengalami hal yang sama, sebagaimana yang ditulis dalam keterangan resminya, peningkatan trafik yang melesat drastis membuat situs BerryBenka sempat mengalami gangguan sehingga lambat untuk diakses. “Kami menyadari bahwa ada beberapa customer yang mengalami kesulitan dalam mengakses Berrybenka.com dan melakukan transaksi,” ujar Jason Lamuda, CEO BerryBenka dalam keterangan tertulis.

Pencanangan #1212SALE yang pertama diadakan tahun 2012 ini jelas merupakan langkah yang berani namun memang ternyata menghasilkan reaksi pasar jauh lebih baik dari yang diharapkan. Dengan iming-iming diskon yang sangat besar, para konsumen berhamburan menyerbu toko-toko online yang berpartisipasi pada ajang tersebut dalam rentang waktu 24 jam.

Gelaran diskon semacam #1212 kemarin tidak hanya menjadi hari yang menguntungkan bagi industri e-commerce Indonesia, namun juga membawa e-commerce semakin mengakar di kalangan konsumen Indonesia. Kami tentu menunggu laporan dari para pelaku e-commerce lain yang berpartisipasi dalam ajang diskon kemarin untuk lebih memastikan hasil positif yang kami terima sejauh ini.

[ilustrasi foto dari: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter