Categories

Berita

Klaim Kuat di Produk Lokal, Shopee Hadirkan Laman UKM Terkurasi “Kreasi Nusantara”

80 persen dari total SKU di Shopee diklaim berasal dari produk UKM lokal

Marsya Nabila - 27 February 2018

Shopee meluncurkan program produk UKM terkurasi “Kreasi Nusantara” untuk dukung pengusaha lokal dalam menjangkau basis pasar yang lebih luas dan memasarkan produk karya masing-masing.

Kreasi Nusantara adalah program yang bakal dijalani Shopee selama setahun penuh, secara rutin katalog produknya akan diperbarui oleh tim kurator. Di dalamnya ada tiga kategori, mulai dari kudapan asli Indonesia, gaya etnik, dan karya lokal.

Untuk mengaksesnya, Kreasi Nusantara terletak di home button dalam aplikasi, tidak tersedia dalam versi desktop. Langkah tersebut selaras dengan tingkat transaksi Shopee sekitar 95% berasal dari aplikasi.

“Ini adalah komitmen lanjutan kami dalam mendukung UKM lokal. Kami cukup bagus di situ, hampir 80% dari total [SKU] berasal dari lokal,” terang Head of Goverment Relationship Shopee Indonesia Radityo Triatmojo, Selasa (27/2).

Dalam mengurasi produk Kreasi Nusantara, Shopee akan melihat dari orisinalitas produk, keunikan, kualitas penjualannya, dan faktor lainnya. Bergabungnya UKM dalam program binaan dari tujuh kementerian yang sudah bermitra dengan Shopee akan mempermudah proses tersebut.

Kurasi ini dimaksudkan agar UKM tersebut bisa menjaga pelayanannya saat tiba-tiba pesanan membludak, sebab menjaga pengalaman konsumen adalah hal terpenting, untuk menciptakan repeat order.

“Kami ini sangat mengedepankan pengalaman konsumen, ketika mereka sudah puas dengan pelayanan baru akan tercipta repeat order.”

Meski tidak disebutkan secara detil, jumlah UKM yang telah masuk dalam Kreasi Nusantara mencapai ratusan pengusaha. Salah satunya adalah JKT Creative yang dimiliki desainer lokal Iwet Ramadhan. JKT Creative akan berkolaborasi untuk mendesain batik eksklusif Shopee termasuk menjalankan kegiatan yang ditujukan bagi UKM.

Adapun total UKM dan brand yang bergabung ke Shopee mencapai lebih dari 1 juta penjual tersebar di seluruh Indonesia. Kategori produk lokal yang paling banyak dibeli pengguna dari Shopee, mulai dari fesyen, baby and kids, dan elektronik. Diklaim saat ini Shopee telah memiliki total pengguna lebih dari 25 juta orang.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter