Toko Online di Shopify Kini Dapat Memanfaatkan Kecanggihan Augmented Reality

Toko Online di Shopify Kini Dapat Memanfaatkan Kecanggihan Augmented Reality

Katalog produk kini tak cuma berisi foto-foto saja, tapi juga model 3D yang bisa dilihat langsung oleh konsumen dari browser
Berkat ARKit 2 di iOS 12, konten AR bisa dilihat tanpa memerlukan aplikasi terpisah / Shopify
Berkat ARKit 2 di iOS 12, konten AR bisa dilihat tanpa memerlukan aplikasi terpisah / Shopify

Augmented reality punya banyak manfaat. Salah satunya untuk memudahkan kegiatan belanja furniture secara online, seperti yang ditunjukkan oleh aplikasi Ikea Place. Ke depannya, akan ada lebih banyak lagi toko online yang turut memanfaatkan kapabilitas AR.

Ini dikarenakan keputusan Shopify untuk merangkul teknologi ARKit pada iOS. Seperti yang kita tahu, platform e-commerce tersebut menaungi sekitar 600 ribu toko online yang ada di dunia (per Agustus 2017), dan sekarang semua toko online tersebut bisa memanfaatkan AR dalam bisnisnya masing-masing.

Yang mungkin jadi pertanyaan, mengapa baru sekarang? Alasannya, iOS 12 yang baru saja dirilis menghadirkan versi kedua ARKit yang lebih sempurna. Sempurna karena konten AR sekarang bisa dilihat langsung melalui browser (Safari), tidak perlu lewat aplikasi terpisah seperti Ikea Place itu tadi.

Shopify AR

Salah satu klien Shopify yang sudah AR-ready adalah produsen sepeda asal Amerika Serikat, Pure Cycles. Katalog produk mereka sekarang tidak hanya berisikan foto-foto saja, tapi model 3D yang bisa langsung ditelusuri lewat Safari di perangkat iOS. Selain bisa mendapat gambaran produknya secara lebih mendetail, konsumen juga dapat mengamati dimensi sepedanya secara akurat.

Shopify memastikan proses yang mudah bagi kliennya: cukup unggah model 3D dari produk-produknya, dan katalog AR mereka pun siap dinikmati publik. Kalau tidak bisa membuat model 3D sendiri, Shopify telah menyediakan jasa pembuatan model 3D dari sejumlah mitranya (klien hanya perlu menyediakan foto-foto produknya).

Bagi pemilik toko online yang kebetulan memakai platform Shopify, Anda bisa langsung mengunjungi situsnya untuk mempelajari penawaran AR mereka lebih lanjut. Buat para konsumen, semoga semakin banyak toko-toko online favorit kita yang memanfaatkan fitur ini.

Sumber: TechCrunch dan Shopify.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Internet
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…