Categories

Internet

Membuat Dokumen Baru di Google Docs Kini Semudah Mengetikkan “docs.new” di Browser

Format serupa juga berlaku untuk Google Sheets, Slides, Sites dan Forms

Glenn Kaonang - 29 October 2018

Bicara soal produktivitas, efisiensi waktu seringkali dianggap sebagai salah satu faktor yang paling berpengaruh. Semakin banyak waktu yang dihemat, semakin banyak pula yang bisa kita kerjakan.

Bagi para pengguna Google Docs, kalau mengetikkan “docs.google.com” ke browser lalu mengklik tombol untuk membuat dokumen baru terkesan terlalu buang waktu, Google sudah punya solusinya. Meski simpel, solusi baru ini sepertinya sangat efektif.

Solusi tersebut datang dalam wujud domain “.new”. Cara penggunaannya terbilang unik: Anda tinggal mencantumkan tipe file yang hendak dibuat di depan domain tersebut (tanpa diawali “www.”). Contohnya, “doc.new” akan langsung membuka laman dokumen baru yang siap diketik. Alternatifnya bisa juga “docs.new” atau “documents.new”.

Saya bilang tipe file karena ini tidak hanya berlaku untuk Google Docs saja, melainkan juga Google Sheets, Slides, Sites dan Forms. Untuk Google Sheets, Anda tinggal ketikkan “sheet.new”, “sheets.new”, atau “spreadsheet.new” ke browser.

Untuk membuat slide presentasi di Google Slides, opsinya mencakup “slide.new”, “slides.new”, “deck.new” dan “presentation.new”. Terakhir ada “site.new”, “sites.new”, “website.new” untuk Google Sites, serta “form.new” dan “forms.new” untuk membuat kuesioner di Google Forms.

Semuanya simpel seperti yang saya bilang, tapi juga efektif sekaligus mudah sekali diingat. Shortcut ini sekarang sudah bisa kita gunakan baik di perangkat desktop maupun mobile – khusus shortcut untuk Google Sites, kita hanya bisa memakainya di browserdesktop saja.

Via: Engadget.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter