Categories

Mobile

Siap Gantikan Here Maps, Windows Maps Diganjar Sederet Fitur Baru

Mulai dari penyempurnaan tampilan peta, tampilan navigasi sampai fitur offline dan migrasi data dari Here Maps

Glenn Kaonang - 23 June 2016

Tanggal 30 Juni 2016 mendatang, aplikasi Here Maps akan berhenti berfungsi di seluruh perangkat Windows 10. Lalu apakah ini berarti pengguna Lumia 950 bakal menjadi buta arah karena tidak ada aplikasi navigasi di ponselnya? Tidak, karena masih ada Windows Maps hasil pengembangan Microsoft sendiri.

Nyatanya, tim Windows Maps telah bekerja keras demi menyajikan fitur-fitur baru pada aplikasi navigasi tersebut. Fitur-fitur anyar ini dikemas dalam update yang sudah bisa dinikmati oleh semua pengguna perangkat Windows 10, baik desktop maupun mobile.

Salah satu pembaruan utama Windows Maps adalah tampilan mode navigasi turn-by-turn yang lebih optimal, baik dalam orientasi portrait maupun landscape. Tombol-tombolnya kini ditempatkan di sisi bawah sehingga pengguna bisa mengoperasikannya dengan satu tangan secara lebih mudah.

Bagi yang mengandalkan Windows Maps untuk angkutan umum, mereka kini dapat menerima notifikasi saat sudah waktunya untuk turun dari bus meskipun aplikasi sedang tidak dibuka. Dengan begitu, pengguna tak perlu khawatir kebablasan meski tengah asyik chatting di dalam bus.

Hasil pencarian di Windows Maps kini bisa ditampilkan dalam beberapa tab sekaligus / Microsoft

Penyajian informasi pada peta juga telah disempurnakan. Pengguna kini bisa melihat beberapa hasil pencarian sekaligus dalam satu jendela yang sama. Lebih lanjut, hasil pencarian juga akan dibubuhi label pada tampilan peta sehingga pengguna bisa langsung mendapat gambaran mengenai lokasinya.

Buat pengguna yang kerap melancong ke negara lain, Windows Maps kini telah mendukung fitur offline sehingga peta masih dapat diakses ketika tidak ada akses internet. Menariknya, Cortana siap mengingatkan Anda untuk menyimpan peta offline sebelum jadwal berangkat Anda yang tertera di kalender tiba.

Pengguna akan diberi opsi migrasi data dari Here Maps ke Windows Maps / Microsoft

Terakhir, Microsoft tak ingin melupakan relasi pengguna dan Here Maps begitu saja. Pengguna akan diberi opsi migrasi data, memindahkan hingga 300 lokasi favorit yang tersimpan dalam Here Maps ke Windows Maps dengan mudah.

Ke depannya, Microsoft menjanjikan lebih banyak lagi fitur untuk Windows Maps, seperti misalnya dukungan anotasi pada tampilan peta. Kalau Anda masih menggunakan Here Maps, sekarang adalah saat yang tepat untuk bermigrasi ke Windows Maps dengan mengunduhnya langsung dari Windows Store.

Sumber: Windows Blog.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter