25 September 2015

by Yoga Wisesa

Siap Gempur Handset Flagship Populer, Meizu Pro 5 Diluncurkan

Seri MX Meizu ialah handset pertama mereka yang mendapatkan perhatian dari khalayak di luar Tiongkok. Dan baru saja generasi kelima MX diluncurkan, dengan tubuh full metal dan layar OLED. Banyak orang pikir Meizu akan menahan diri sejenak dan fokus ke MX5, atau mungkin menghadirkan varian Pro. Tapi sebuah kejutan terjadi di tanggal 23 September kemarin.

Sang produsen consumer electronics asal Guangdong itu tampaknya memutuskan bahwa MX bukan lagi merupakan lini produk ter-high-end. Mereka memisahkan kata Pro dari MX, lalu mengusungnya sebagai model mandiri. Hasil karya teranyar Meizu ini diperkenalkan dengan nama Pro 5. Angka lima mungkin mewakili platform Flyme OS 5 berbasis Android 5.1, namun Meizu memang tidak main-main soal kata pro di segi penampilan dan hardware.

Ada benang merah antara MX5 dan Pro 5 dalam aspek desain. Smartphone juga memanfaatkan material logam, dengan rancangan ergonomis: sudut di ujung membulat, begitu pula di sisi sampingnya. Tidak salah jika Anda menganggapnya mirip iPhone, meski ia tetap berpegang pada karakteristik khas Meizu semisal dua garis glossy horisontal di punggung dan modul lensa kamera yang lebar. Anda disajikan layar 5,7-inci 2.5D Super AMOLED 1080p berlapis Gorilla Glass 3. Ukuran itu memasukkannya ke kategori phablet.

Meizu sepertinya juga berniat mengungguli para kompetitor di kancah 'perang megapixel'. Mereka membubuhkan sensor Sony MX230 berukuran 21-megapixel 1/2.4-inci dipadu kamera f/2.0 6-lens plus image signal processor teranyar dari Samsung. Racikan di atas diklaim mampu memberikan pengguna waktu fokus super-singkat, hanya 0,7 detik. Buat kamera depan, Pro 5 menyimpan sensor OmniVision OV5670 5-megapixel.

Info menarik: Akankah Meizu Masuk ke Ranah Produk Action Camera?

Pro 5 meneruskan tradisi teknologi fast charging mCharge, dilengkapi connector USB Type-C demi memastikan smartphone tersebut future-proof. Cuma butuh setengah jam untuk mengisi 65% baterai. Meizu juga tak lupa mencantumkan output audio berperforma tinggi via fitur Hi-Fi 2.0, dengan prosesor ES9018 serta amplifier OPA1612.

Di dalam, Anda akan menemukan system-on-chip Samsung Exynos 7420 berisi prosesor quad-core Cortex A57 2.1GHz ditambah prosesor quad-core Cortex A53 1.5GHz, dan GPU Mali T760MP8. Terdapat RAM LPDDR4-3200 3/4GB, penyimpanan 32/64GB, slot ekspansi microSD, dan baterai 3050mAh. Tersedia konektivitas Wi-Fi, Bluetooth 4.1 BLE serta GPS.

Dua tipa Meizu Pro (RAM 3GB atau 4GB) dijajakan di harga 2.800 Yuan (atau US$ 438) dan 3100 Yuan (kisaran US$ 485).

Sumber: GizChina & Phone Arena.