10 December 2014

by Bambang Winarso

Siap Hadapi Banjir Dengan Aplikasi Android Untuk Musim Hujan Dari MoboMarket

Musim liburan hampir tiba, tapi sayangnya musim hujan pun juga tiba! Seperti biasa, kalau masuk musim penghujan Jakarta dalam status siaga banjir. Tapi jangan galau, walau banjir telah tiba kita tetap harus siap siaga.

Dengan modal smartphone dan beberapa aplikasi yang bisa didapatkan di MoboMarket dengan tema musim hujan ini sobat bisa lebih siap. Apa aja sih aplikasinya? Yuk simak!

Siaga Banjir

Aplikasi Siaga Banjir merupakan satu dari sedikit aplikasi yang memberikan informasi seputar bencana musiman khususnya di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Siaga Banjir memantau ketinggian pintu air di 12 titik yang kemudian dihantarkan ke pengguna.

Terdapat 12 pintu air yang dapat dipantau dengan Siaga Banjir:

  1. Katulampa
  2. Pesanggrahan
  3. Angke Hulu
  4. Cipinang Hulu
  5. Angker Hulu
  6. Depok
  7. Manggarai
  8. Karet
  9. Waduk Pluit
  10. Pasar Ikan
  11. Pulo Gadung
  12. Krukut Hulu

 

Info Menarik: Ini Kelebihan dan Cara Berlangganan Telkomsel 4G LTE

 

Info Gempa dan Cuaca

Di saat musim banjir, baiknya berusahalah untuk memperoleh informasi dengan cepat dan akurat agar Anda tetap siap menghadapi segala kemungkinan. Nah, dengan aplikasi resmi dari BMKG ini Anda seperti mempunyai alat peramal cuaca sendiri di genggaman tangan.

Elshinta Radio

Di era Android, Radio seperti mendapat nafas kedua. Radio di platform ini disiarkan melalui media streaming yang memang memiliki jangkauan lebih luas. Keharian radio di musin hujan semakin penting sebab dari media ini kita juga bisa memperoleh perkembangan terbaru selain hiburan, terutama terkait kondisi cuaca di sekitar kita.

Pilihan aplikasi radio lainnya: TV & Radio Indonesia Online, 101 jak fm, 987 Gen fm dan Prambors.

DU Flashlight - Brightest LED

Salah satu penyakit komplikasi kambuhan di musim hujan adalah mati listrik. Untuk itu siapkan aplikasi senter dari DU ini. MoboMarket juga menawarkan beberapai aplikasi ini kepada pengguna secara cuma-cuma, beberapa aplikasi tersebut antara lain: Tiny Flashlight + LED, Brightest Flashlight Free, Super-Bright LED Flashlight dan Flashlight HD LED.

 

Info Menarik: Cara Menghemat Baterai Smartphone Android Dengan Aplikasi Greenify

 

Buku Saku P3K

Yang namanya musibah itu datangnya tak terduga. Jadi tak ada salahnya menambah berbagai pengetahuan cara menangani kecelakaan, sebab pertolongan sekecil apapun bisa menentukan hidup mati seseorang. Aplikasi Buku Saku P3K ini menyediakan semua informasi lengkap dengan tutorialnya. Alternatifnya, First Aid, Buku Saku Dokter dan Baby and Child First Aid.

Waze Social GPS Maps & Traffic

Lewat informasi yang diberikan oleh Waze, sobat bisa memperoleh informasi lalu lintas dari pengguna lain. Konsep komunitas yang ditawarkan oleh Waze membuat pengguna lebih mudah dalam melacak dan mengetahui lokasi-lokasi tertentu.

Pilihan lainnya yang bisa ditemukan di MoboMarket, misalnya Sygic Talk And Drive, GPS Navigation & Maps Sygic dan  2GIS: maps & business listings.

BBM

Aplikasi pesan seperti BBM dan jejaring sosial Facebook, Path, Twitter dan Tumblr tidak hanya bisa berfungsi sebagai tempat untuk menghibur diri. Lewat aplikasi-aplikasi tersebut sobat bisa juga memberikan informasi atau sebaliknya mencari update terbaru. Sobat bisa juga meminta bantuan atau menemukan pusat-pusat bantuan terkait banjir.

Itu dia aplikasi-aplikasi Android untuk musim hujan yang bisa sobat temukan di MoboMarket. Unduk aplikasi-aplikasi ini, agar sobat bisa lebih siap menghadapi banjir yang sudah siap menerjang. MoboMarket sendiri bisa diunduh lewat tautan ini.


*)Artikel ini didukung oleh Baidu yang merilis MoboMarket untuk membuat pintu baru bagi pengembang lokal dalam memperkenalkan aplikasi mereka ke pengguna Android.