20 August 2015

by Oki Rosgani

Rumor: BlackBerry Venice Hadir November dan Usung Android

Meski menjadi sorotan karena pangsa pasar yang turun, namun BlackBerry masih belum menyerah. Mereka terus merilis sejumlah smartphone baru dengan berbagai fitur unggulan. Kabar yang beredar, BlackBerry sedang menyiapkan amunisi berupa perangkat baru untuk bulan September nanti. 

Dalam beberapa waktu ke belakang, BlackBerry telah mencoba menarik minat konsumen dengan merilis beberapa perangkat. BlackBerry Passport misalnya, selain hadir dengan layar yang lebih besar, smartphone yang memiliki bentuk unik mirip dokumen passport itu juga dijejali dengan keyboard QWERTY fisik yang sekaligus dapat berfungsi sebagai trackpad.

Sedangkan untuk kembali merangkul pengguna lama, BlackBerry juga telah merilis BlackBerry Classic, smartphone yang mengusung platformBlackBerry 10 ini hadir dengan sentuhan klasik mirip apa yang ada pada BlackBerry model terdahulu, selain menghadirkan tombol QWERTY fisik, smartphone ini juga kembali menghadirkan tombol navigasi trackpad.

Info Menarik: Fotokite Phi Adalah ‘Layangan’ yang Bisa Memotret dan Merekam Video

Tetapi peluncuran berbagai produk ini sepertinya masih belum cukup membawa kejayaan BlackBerry ke titik yang pernah dicapainya. Kabar kemudian berhembus bahwa mereka akan menggunakan Android sebagai OS dari perangkat terbaru. Salah satu rumor yang santer beredar adalah perangkat BlackBerry Venice.

Rumor tentang perangkat ini telah beredar beberapa waktu lalu, bahkan perangkat BlackBerry Venice pernah hadir dan di-demokan pada perhelatan Mobile World Congress 2015 di Berlin pada bulan Maret lalu. Dan kini informasi terbaru mengenai BlackBerry Venice telah kembali diungkap oleh Evan Blass, pemilik akun Twitter

">">" target="_blank">@Evleaks.

">">

Bocoran sejumlah gambar render yang dipercaya sebagai perangkat BlackBerry Venice, dibagikan via Twitter dan salah satu gambarnya menampilkan logo Google Play dan maskot Android si robot hijau yang tengah nongol dibalik perangkat BlackBerry tersebut.

Tidak hanya itu ada pula gambar lainnya yang menampilkan skema sejumlah kemampuan yang dimiliki oleh perangkat BlackBerry Venice seperti mengirim e-mail, SMS, terhubung dengan jejaring sosial, serta kemampuan transfer data yang disebut sebagai Content Transfer for BlackBerry.

Info Menarik: Panasonic Serbu India dengan Tiga Jagoan Baru, Eluga L2, Eluga I2 dan T45

Diprediksikan perangkat BlackBerry Venice ini akan hadir dengan tombol QWERTY fisik yang bersembunyi di balik layar sentuh yang bisa digeser (slider), faktor bentuk seperti ini mengingatkan kita pada BlackBerry Torch, namun yang lebih menarik perhatian kita dari keberadaan perangkat ini adalah kemungkinan penggunaan platform Android yang diusungnya. Sehingga peangkat ini akan menjadi tonggak baru bagi portofolio perangkat yang diproduksi oleh BlackBerry.

Dari rumor sebelumnya disebutkan bahwa BlackBerry Venice akan mengusung layar QHD LCD berukuran 5.5 inci dengan resolusi 2.560 x 1.440 piksel, ia juga akan didukung dengan RAM 3GB dan diotaki dengan prosesor Snapdragon 808 besutan Qualcomm.

Selain menghadirkan gambar render, Evan Blass juga telah mem-posting sebuah video yang menampilkan bentuk dan desain dari perangkat BlackBerry Venice. Dari sumber yang sama, disebutkan bahwa perangkat BlackBerry Venice akan siap hadir untuk pengguna di Amerika melalui jaringan AT&T, Verizon, Sprint, dan T-Mobile pada bulan November mendatang.

">">

">">

Meski demikian, belum ada informasi resmi dari BlackBerry atas kemungkinan OS Android yang akan disematkan di BlackBerry Venice. Meski bentuk dari perangkat sendiri sudah bisa dipastikan akan menghadirkan fitur slider tetapi fitur dan kemampuannya masih harus ditinggu. Semoga aja ini bukan bocoran terakhir atas perangkat ini jadi kita bisa mendapatkan informasi tambahan lain terkait BlackBerry Venice.

Sumber: CNet, Venture BeatPhoneArena | Gambar Header:

">">" target="_blank">@Evleaks