14 November 2016

by Oki Rosgani

Siap Melenggang di Jepang, Inilah Spesifikasi Smartphone LG V20 Pro

Kendati memiliki nama dengan embel-embel 'Pro', smartphone varian teranyar ini memiliki ukuran layar dan memori yang lebih kecil dari versi pendahulunya

Setelah resmi merilis smartphoneLG V20 pada bulan September lalu, kini produsen elektronik asal Korea itu kembali merilis smartphone teranyarnya yang bertajuk LG V20 Pro.

Smartphone ini disebut sebagai versi kompak dari V20 lantaran memiliki ukuran layar yang sedikit lebih kecil dari varian pendahulunya.

Jika V20 memiliki bentang layar sebesar 5.7 inci dengan dimensi 159.7 x 78.1 x 7.6 mm, varian teranyar ini hanya memiliki layar berukuran 5.2 inci dengan dimensi 149 x 72 x 8mm, yang menjadikan kedua smartphone tersebut memiliki bobot berbeda, masing-masing 174 gram dan 140 gram.

Namun keduanya sama-sama mengusung resolusi layar Quad HD ditambah dengan hadirnya layar kedua selebar 2.1 inci yang nangkring pada bagian atas layar utamanya.

Perbedaan juga terletak pada bagian memory internal, dimana smartphone V20 Pro ini memiliki kemampuan untuk bisa menyimpan data maksimal hingga sebesar 32 GB, kapasitas penyimpanan internal  ini 50% lebih kecil dari kapasitas yang dimiliki oleh versi pendahulunya yakni sebesar 64 GB. Sementara untuk baterainya, varian teranyar ini juga telah ditopang dengan baterai dengan kemampuan berbeda yaitu 2,900 mAh, kapasitas baterai ini 300 mAh lebih kecil dari baterai yang disematkan pada smartphone V20.

Varian yang lebih kompak dari smartphone V20 ini telah diotaki dengan prosesor yang sama yakni Snapdragon 820 racikan Qualcomm serta dukungan RAM sebesar 4 GB yang juga digunakan oleh smartphone V20 versi sebelumnya.

Kemampuan kamera ganda hadir pula pada bagian belakang smartphone V20 Pro, masing-masing dari kamera utama tersebut memiliki kemampuan 16 megapiksel + 8 megapiksel, ditambah kamera selfie berkemampuan 5 megapiksel yang nangkring di bagian depan smartphone tersebut. Tak lupa dukungan perangkat keras sama dengan V20, dukungan LTE, fitur pembaca sidik jari, dua buah lampu kilat LED serta sistem operasi Android 7.0 Nougat juga disematkan pada smartphone ini.

Dengan berbagai kelengkapan ini V20 Pro memiliki sentuhan desain premium juga memiliki kecanggihan yang hampir sama dengan sang kakak, namun yang membuatnya lebih menarik ialah hadirnya aksesoris headphone dan sistem audio racikan Bang & Olufsen yang bisa memanjakan telinga penggunanya saat digunakan untuk memutar musik.

Dari informasi yang kami rangkum melalui Softpedia, LG V20 Pro ini akan dirilis di Jepang sekitar bulan Februari 2017 mendatang dengan menggandeng operator seluler NTT DoCoMo. Namun demikian belum ada informasi detail mengenai berapa harga jual untuk perangkat ini. Varian V20 Pro memang ditujukan untuk pasar Jepang, untuk pasar luar Jepang, jika dirilis, mungkin LG akan memasarkannya dengan nama berbeda.

Sumber dan Gambar Header: Softpedia