Categories

Social Media

Siap Saingi YouTube, Facebook Uji Fitur-Fitur Baru Terkait Video

Glenn Kaonang - 15 October 2015

Kecintaan Facebook terhadap konten video tampaknya semakin menjadi. Fitur live streaming dan video 360 derajat rupanya belum cukup, mereka juga tengah menguji sejumlah fitur menarik terkait penyajian konten video di News Feed milik masing-masing pengguna.

Yang pertama adalah fitur Suggested Videos. Fitur ini sebenarnya sudah diuji selama beberapa waktu bersama sejumlah pengguna iPhone. Pada dasarnya, fitur ini akan menyajikan video-video lain yang terkait tepat di bawah video yang sedang ditonton. Di saat yang sama, pengguna tetap bisa kembali ke News Feed kapan pun ia mau.

Berdasarkan pengakuan Facebook, respon dari para penguji cukup positif; cukup banyak pengguna yang menemukan video-video baru yang menarik berkat fitur ini. Maka dari itu, Facebook berencana untuk segera menguji fitur ini di Android maupun web dalam beberapa bulan mendatang.

Info menarik: Cara Mematikan Autoplay Video di Facebook Web dan Aplikasi Android

Fitur menarik lain yang sedang diuji rupanya berkaitan dengan multitasking. Di sini Facebook mencoba memberikan cara supaya pengguna bisa menonton video selagi membaca-baca konten lain di News Feed. Hasilnya mirip seperti fitur pop-up video milik Samsung maupun Apple di iOS 9, dimana video akan muncul dalam jendela kecil yang bisa dipindah-pindah posisinya.

Facebook turut menghadirkan opsi untuk menyimpan video yang hendak ditonton di lain kesempatan, mirip seperti fitur Watch Later di YouTube. Melengkapi semuanya, akan hadir tab baru bernama "Videos" di antara News Feed, Notifications, dll. Tab ini secara khusus mengemas konten video saja, baik yang Anda simpan, yang di-post oleh teman, yang di-post oleh sebuah Page atau yang berasal dari sumber-sumber lainnya.

Lewat fitur-fitur ini, bisa kita lihat bahwa Facebook semakin serius menghadapi dominasi YouTube di kancah video. Kehadiran tab Videos adalah bukti bahwa Facebook memang ingin memperlakukan konten video secara khusus. Namun untuk sekarang, kita masih harus sabar menunggu fitur-fitur di atas dirilis untuk publik.

Sumber: Facebook.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter