17 December 2015

by Yoga Wisesa

Siapa Karakter Star Wars yang Mewakili Selera Musik Anda? Spotify Punya Jawabannya

Ada lebih dari 30 tokoh Star Wars yang mewakili genre musik, termasuk Jar Jar Binks. Jadi jangan salah pilih.

Begitu besarnya jagat fiksi Star Wars, ia memberikan ruang luas bagi kita untuk berimajinasi. Fans seringkali berfantasi duduk di bangku kemudi pesawat penyelundup seperti Han Solo, berduel lightsaber melawan Sith layaknya Obi-Wan, atau menjadi laksamana ala Grand Moff Tarkin. Tapi di antara para tokoh fiktif itu, kira-kira siapa yang paling menyerupai karakteristik Anda?

Ternyata, Spotify punya solusinya. Selama enam bulan terakhir ini, penyedia layanan streaming musik dan video asal Swedia itu melakukan kolaborasi bersama Disney buat membubuhkan fitur baru dalam app. Dinamai Star Wars Match, Spotify menganalisis kebiasaan serta musisi-musisi pilihan user, menyesuaikannya dengan arsip mereka. Kemudian ia akan memberi tahu karakter Star Wars apa yang paling mewakilkan selera musik pengguna.

Star Wars Match bisa langsung dijajal melalui Spotify-StarWars.com. Di sana, Anda diminta menentukan lima artis favorit, lalu Spotify akan melakukan kalkulasi. Kita tinggal mengklik link untuk mulai mendengarkan playlist yang direpresentasikan figur-fitur Star Wars. Pengguna tidak terkunci di jenis lagu tertentu, dipersilakan menjajal opsi satu per satu dengan membuka tab Star Wars.

Tak seorangpun tahu apakah genre-genre lagu tersebut juga benar-benar disukai para tokoh Star Wars yang bersangkutan. Di pengumuman mereka, tim Spotify bilang, "Jika gemar mendengarkan hair metal tahun 80-an, kemungkinan besar Anda mendapatkan Chewbacca."

Independent.co.uk menjabarkan genre-nya dengan lengkap, dan di sana terhitung ada 32 tokoh Star Wars. Beberapa contohnya adalah Qui-gon Jinn (progressive rock), Obi-wan Kenobi (brit rock, hip hop, British invasion), R2-D2 (trance, techno, EDM), Princess Leia (power pop 80-an, shimmer pop), sampai Anakin Skywalker (emo, kids bop). Saya sendiri mendapatkan First Order Stormstrooper, mengacu pada musik-musik anthem rock.

Jumlah pilihan di laman utama Star Wars Match sedikit terbatas. Berbeda satu artis saja, maka kemungkinan besar karakternya akan berbeda. Setelah hasil perhitungan keluar, Anda dapat melihat persentasi lebih detail di bagian kiri website. Berdasarkan seleksi ini, saya memperoleh hard rock 28%, classic rock 21% dan uptempo rock 15%.

Sayangnya buat fans Star Wars lokal, fitur ini tak bisa dinikmati secara penuh karena Spotify memang belum hadir di nusantara. Semoga saja seperti laporan di bulan Oktober lalu, peluncuran layanan streaming tersebut di Indonesia dilaksanakan tidak lama lagi.

Sumber: Spotify.com.