Categories

Feature

Siapkan Diri Hadapi Persaingan di Era Industri 4.0

Bekali diri dengan kemampuan teknologi dan soft skill yang krusial demi meraih kesuksesan di masa depan

JuLi Andrian - 25 November 2020

Revolusi industri saat ini tengah memasuki generasi terbaru, yaitu Industri 4.0. Era Industri 4.0 ditandai dengan adopsi penggunaan internet yang semakin luas oleh masyarakat, termasuk dalam bisnis. Hal ini mendorong berbagai pengembangan dan terobosan teknologi baru untuk mempercepat proses bisnis di berbagai industri.

Di era Industri 4.0 ini, persaingan dalam dunia kerja akan semakin sengit dan ketat. Industri akan diisi oleh para pekerja dengan berbagai kemampuan khusus di bidang teknologi, sehingga kita tidak dapat hanya mengandalkan tenaga dan kemampuan dasar saja. Memahami berbagai perkembangan teknologi dapat menjadi modal untuk menjadi tenaga profesional yang sukses di masa depan. Oleh karena itu, mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan di era Industri 4.0 perlu dilakukan sedini mungkin, salah satunya dengan mempelajari beberapa hal berikut ini.

Aspek Teknologi Utama dalam Era Industri 4.0

Revolusi industri keempat ini bukan sekedar tentang digitalisasi proses dengan bantuan komputer dan robot seperti pada era Industri 3.0, melainkan juga tentang keterhubungan antara berbagai perangkat komputer yang ada dengan internet. Lewat kecanggihan internet, segala hal yang terjadi dalam proses produksi dapat dipantau dan diketahui, tanpa harus datang ke tempat mesin atau komputernya berada. Oleh karena itu, Internet of Things merupakan salah satu bagian penting era Industri 4.0.

Adopsi dan penggunaan internet di masyarakat yang semakin tinggi, terutama masifnya akses internet lewat smartphone juga mendorong pengembangan aspek teknologi baru. Antara lain big data analytics yang mampu membantu perusahaan mengambil keputusan dan menyusun strategi bisnis berdasarkan data yang ada, cloud computing yang menghadirkan layanan server dan komputasi yang lebih efisien, terjangkau, dan fleksibel bagi perusahaan, serta machine learning yang mampu memproses dan menganalisis pola dan tren dari data dalam jumlah besar, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas berbagai pekerjaan lainnya.

Menguasai beberapa penerapan teknologi tersebut dapat meningkatkan kesempatan untuk memenangkan persaingan dunia kerja di masa depan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempelajarinya mulai saat ini. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan mempelajarinya secara online lewat link berikut: Internet of Things, Big Data, Cloud Computing, Machine Learning.

Sejalan dengan hal tersebut, dalam laporan The Future of Jobs Report 2020 yang dirilis oleh World Economic Forum, juga disebutkan bahwa pada tahun 2025 nanti, kebutuhan akan beberapa bidang pekerjaan akan meningkat, terutama yang berkaitan dengan teknologi, khususnya di bidang data dan transformasi digital. Sedangkan penurunan permintaan tenaga di beberapa bidang juga akan terjadi, terutama bagi data entry dan berbagai pekerjaan yang bersifat administratif. Berikut daftar lengkapnya.

Sumber: The Future of Jobs Report 2020

Pengembangan Diri dan Kepemimpinan

Teknologi memang merupakan hal utama dalam era Industri 4.0. Namun, untuk menghadapi persaingan tidak cukup hanya dengan bermodalkan kemampuan teknis saja. Kemampuan pribadi yang sifatnya soft skill juga perlu dimiliki. Beberapa di antaranya adalah kepemimpinan dan manajemen, serta kemampuan komunikasi, hingga kepercayaan diri. Berbagai keterampilan tersebut dapat dipelajari secara online lewat link berikut: Kepemimpinan, Manajemen, Komunikasi, Kepercayaan Diri.

Hal ini juga sejalan dengan laporan The 2021 Workplace Learning Trends Report yang dirilis oleh Udemy. Dalam laporan ini, disampaikan bahwa terjadi peningkatan pembelian kursus dengan topik Leadership dan Communication di tahun 2020 dibandingkan dengan tahun 2019, dengan kategori sebagai berikut.

udemy
Sumber: The 2021 Workplace Learning Trends Report

Peningkatan ini juga diyakini merupakan dampak dari meningkatnya penerapan sistem kerja remote working, di mana kebutuhan akan kolaborasi secara jarak jauh menjadi hal yang utama. Kemampuan-kemampuan juga tersebut dapat menjadi modal untuk meraih jenjang karir yang lebih tinggi, serta mampu memimpin tim dalam perusahaan. Kemampuan bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya juga perlu diasah agar dapat lebih mudah beradaptasi dalam dunia bisnis internasional. Kemampuan berbahasa tersebut juga dapat kamu pelajari secara online lewat link berikut: Bahasa Inggris, Bahasa Asing Lainnya.

Selain mempelajari berbagai kemampuan bersifat soft skill tersebut, penting juga untuk mampu menjaga kesehatan dan kebugaran diri sendiri mulai saat ini, yang juga dapat dipelajari secara online lewat link berikut: Kesehatan dan Kebugaran. Apalagi dengan gaya hidup instan serta serba praktis dan cepat seperti saat ini yang dapat menimbulkan berbagai penyakit di usia muda. Ditambah lagi dengan ancaman Covid-19 yang mampu menyerang tubuh dengan imunitas rendah. Oleh karena itu, penting untuk dapat mendisiplinkan diri untuk menjaga kesehatan sejak dini.

Namun, di balik ancaman virus di masa pandemi yang berlangsung sejak awal tahun 2020 ini, ada sisi positif yang dapat diambil. Salah satunya adalah dengan semakin banyaknya waktu yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan dan mempelajari berbagai hal baru. Salah satunya adalah dengan mengikuti kursus online di Udemy yang saat ini telah memiliki lebih dari 130.000 kursus dalam 65 bahasa lebih dengan berbagai topik.

Saat ini, Udemy menawarkan promo khusus Cyber Week yang akan dilaksanakan pada 1 – 4 Desember 2020. Lewat penawaran khusus ini, kamu bisa mengikuti berbagai kursus dengan harga hanya Rp 149.000,-. Selain itu, kamu juga dapat menikmati harga spesial plus bonus menarik. Jangan lewatkan kesempatan emas untuk tingkatkan kemampuan kamu dengan biaya lebih terjangkau. Daftarkan diri kamu segera di www.udemy.com

Disclosure: Artikel ini adalah konten bersponsor yang didukung oleh Udemy

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id