Categories

Game

Sid Meier's Starships Mengajak Kita Bertualang Menjelajahi Bintang

Yoga Wisesa - 20 January 2015

Satu babak selesai, lembaran berikutnya dimulai. Rasanya belum lama Firaxis melepas Civilization: Beyond Earth, lanjutan Civilization sekaligus jelmaan Alpha Centauri di era modern. Tapi kini developer siap melangkah ke tahap selanjutnya. Sebuah game strategi anyar baru saja diumumkan, dan kabar gembiranya, desainer legendaris Sid Meier sendiri akan turun tangan.

Di permainan baru itu, Firaxis memutuskan menanggalkan nama Civilization. Ia dibuat sebagai penyambung kisah Beyond Earth, dan mencoba menjawab pertanyaan: apa yang manusia lakukan setelah berhasil mengkolonisasi planet lain nan jauh di sana? Diumumkanlah Sid Meier's Starships, permainan bertema familiar tapi diformulasi dengan bumbu baru. Dan dari presentasi awal, Starships memang menjanjikan.

Game menunjuk Anda sebagai pemimpin atas armada pesawat ruang angkasa. Seperti film Star Trek, pemain akan menjelajahi galaksi demi galaksi, menyelesaikan misi, melindungi planet dan kehidupannya, serta mendirikan federasi antar planet. Tak jauh berbeda dari Civilization, Anda ditantang untuk memperluas jangkuan dan pengaruh federasi sembari mengembangkan teknologi futuristik.

Sid Meier's Starships juga ditujukan untuk menambal beberapa kekurangan permainan-permainan terdahulu. Banyak orang berharap lebih pada Beyond Earth, namun malah merasa kecewa. Bagi fans berat seri tersebut, Beyond Earth esensinya hanyalah Civilization V dengan latar belakang baru, faksi baru dan tema baru. Cara bermainnya tetap sama, bahkan beberapa fitur malah dikurangi atau diubah namanya.

 

Info menarik: Microsoft Akan Hidupkan Kembali Seri Game Strategi Klasik, Apakah Itu?

 

Fitur diplomasi dan perdagangan terasa sangat terbatas, dan pertempuran terasa tak bervariasi serta hambar. Tim Firaxis mau mengubah semua ini. Starships menyajikan tingkatan yang sangat detail dalam mengkustomisasi tiap pesawat angkasa, serta menjanjikan konfrontasi dan ruang tempur berbeda-beda melalui sistem dynamically generated tactical combat. Memastikan tidak satupun permainan berjalan sama.

Sid Meier sendiri menjelaskan bahwa ia sangat tertarik mengekplorasi kisah setelah Beyond Earth. "Apa yang terjadi setelah manusia sukses mengkolonisasi rumah baru dan pada akhirnya membangun kapal ruang angkasa untuk menjelajahi bintang? Apa kabarnya saudara dan saudari kita dari planet Bumi yang ada di luar sana?" Tutur Meier.

"Tujuan saya adalah menciptakan pengalaman bermain yang fokus pada desain pesawat serta pertempuran, tak lupa menyuguhkan petualangan, diplokasi dan eksplorasi," ungkap sang creative director. Premise ini mengingatkan saya pada Galactic Civilization dan Homeworld.

Starships dijadwalkan untuk mendarat awal tahun 2015 di PC, Mac dan iPad. Lalu ada kejutan buat mereka yang sudah mempunyai Beyond Earth.

Sumber: Gamespot.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter