Apa itu bandwith? Encryption? Open-source? Peer-to-peer? Istilah atau jargon teknologi ini kerap kita jumpai saat membaca artikel di internet (DailySocial termasuk), dan memahaminya terkadang tidak semudah kosa kata biasa yang dipakai dalam bahasa Inggris.

Meskipun sudah membaca definisinya, terkadang kita masih kesulitan memahami jargon tertentu. Namun setelah dijelaskan menggunakan analogi atau ilustrasi, barulah kita benar-benar memahami konsepnya. Berangkat dari prinsip ini, lahir ide brilian dari Jigsaw (inkubator milik Google) dan media ternama Washington Post.

Buah kerja sama mereka adalah Sideways Dictionary. Tidak seperti kamus biasa, kamus ini mencoba menjelaskan istilah-istilah teknis seperti di atas menggunakan analogi ketimbang definisi (dalam bahasa Inggris).

Agar bisa dipahami banyak pengguna sekaligus, Sideways Dictionary mencantumkan lebih dari satu analogi untuk setiap jargon / Screenshot
Agar bisa dipahami banyak pengguna sekaligus, Sideways Dictionary mencantumkan lebih dari satu analogi untuk setiap jargon / Screenshot

Contoh yang saya suka adalah penjelasan untuk bandwith. Di sini bandwith digambarkan sebagai pipa air yang menyalurkan air ke shower, wastafel dan mesin cuci. Ketika ketiganya dipakai secara bersamaan, tentunya tekanan air akan turun, dan siapapun yang sedang mandi menggunakan shower tersebut akan dibuat kesal karena airnya cuma mbrebes mili, kalau dalam bahasa Jawa.

Contoh lain yang tak kalah menarik adalah 2 factor authentication, yang digambarkan sebagai sepatu kaca Cinderella. Maksudnya, Cinderella bisa saja memberikan nama dan mengonfirmasi di mana dia berada sebelum tengah malam. Pun begitu, sang pangeran hanya akan percaya setelah melihat sepatu kacanya benar-benar cukup dengan kaki Cinderella.

Sekarang setidaknya sudah ada 75 istilah dalam Sideways Dictionary / Screenshot
Sekarang setidaknya sudah ada 75 istilah dalam Sideways Dictionary / Screenshot

Tentu saja sebuah analogi tidak bisa 100 persen benar, tapi juga bukan berarti 100 persen salah. Untuk itu, di setiap jargon sebisa mungkin akan diberikan lebih dari satu analogi, dan Anda bisa memilih analogi mana yang paling bisa menjelaskan konsepnya kepada Anda.

Anda bahkan juga bisa mencantumkan analogi Anda sendiri. Pastinya akan ada tim editorial yang memeriksa kontribusi Anda tersebut sebelum dicantumkan di situs Sideways Dictionary. Mereka juga sudah memberikan panduan singkat dalam membuat analogi di video berikut.

Saat ini setidaknya sudah ada sekitar 75 istilah dalam Sideways Dictionary, namun jumlahnya dipastikan akan terus bertambah seiring waktu. Selain melalui situsnya langsung, Anda juga bisa mengakses Sideways Dictionary melalui extension Chrome.

Sumber: Engadget dan Washington Post.