Categories

Gadget

Sigahar OnePlus 5 Resmi Diumumkan, Tertinggi Punya RAM 8GB

OnePlus 5 ditenagai chipset Snapdragon 835, punya kamera ganda, dan cantik dengan desain baru

Bambang Winarso - 21 June 2017

Akhirnya, OnePlus 5 resmi diperkenalkan! Yap, setelah dipanaskan oleh kemunculan berbagai rumor dan teaser, smartphoneflagship OnePlus 5 akhirnya resmi diumumkan ke publik. Tampak depan dan belakang, OnePlus 5 terlihat mengesankan dengan garis desain yang punya sedikit kemiripan dengan iPhone 7 Plus. Tapi, dalam hal spesifikasi dan fitur, OnePlus 5 punya banyak faktor pembeda yang membuatnya pantas untuk diburu.

Salah satu komponen terbaik yang ada di balik OnePlus 5 adalah hadirnya chipset Snapdragon 835 yang merupakan chipset paling powerful di industri mobile saat ini. Jadi, dalam hal performa, smartphone berbasis Android 7.0.1 Nougat ini setara dengan flagship Samsung Galaxy S8 ataupun LG G8, dan bahkan iPhone terbaru yang belum dirilis tahun ini sekalipun. Mari kita lihat seperti apa spesifikasi OnePlus 5 selengkapnya.

Kita mulai dari komponen terluar, di mana OnePlus memilih menggunakan layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel. Bukan resolusi terbaik, tapi dengan kejernihan full HD, perangkat mampu menampilkan visual di tingkatan yang sangat baik. OnePlus juga memikirkan faktor benturan dan pemakaian dengan melapisi layar dengan Gorilla Glass 5. Tak jauh dari layar tersemat kamera depan 16MP Sony IMX 371 dengan aperture f/2.0, sedangkan di belakang duduk kamera ganda dengan konfigurasi yang mengesankan, antara lain kamera utama 16MP Sony IMX 398 dengan aperture f/1.7 dipadukan dengan sensor telephoto beresolusi 20MP Sony IMX 350 dengan aperture f/2.6.

Dan seperti yang sudah disinggung di atas, jeroan OnePlus 5 dihuni Snapdragon 835 yang mempunyai delapan inti berkecepatan 2,35GHz yang juga didukung oleh grafis terbaik, Adreno 540. Untuk konfigurasi RAM dan memori internal, OnePlus tak main-main. Ada dua varian yang disiapkan, varian pertama mempunyai RAM sebesar 6GB dan varian kedua lebih gahar sebesar 8GB. Kapasitas memorinya juga ditawarkan dalam dua pilihan, 64GB dan 128GB.

Di saat hampir semua komponen mengalami peningkatan, baterai OnePlus 5 justru turun kelas hanya sebesar 3.300mAh berbanding 3.400 di OnePlus 3T. Tapi, dengan prosesor yang lebih efisien dan optimalisasi lainnya, baterai OnePlus 5 diklaim 20% lebih baik ketimbang OnePlus 3T. Sebagai tambahan, OnePlus 5 juga menggunakan teknologi Dash Charge yang dirancang untuk mengisi baterai dengan kecepatan optimal.

Harga dan Ketersediaan

OnePlus 5 dijadwalkan rilis pada hari Selasa depan, 27 Juni 2017di Amerika Utara dan beberapa negara Eropa. Soal harga, OnePlus konsisten menerapkan kebijakan harga yang lebih mahal ketimbang pendahulunya. OnePlus 5 vrian 6GB+64GB ditawarkan di kisaran $480, sedangkan varian 8GB+128GB dikisaran $540. Harga ini tentu akan berbeda saat tiba di Indonesia, bahkan di Eropa harganya sedikit lebih mahal dari harga dasar di atas. Tapi, jika dibandingkan dengan flagship keluaran Samsung atau Apple, harga ini jelas lebih lebih terjangkau. Sebagai perbandingan, Samsung Galaxy S8 termurah dijual $725, sedangkan iPhone 7 seharga $650. Dengan perbedaan tersebut, kira-kira Anda mau beli yang mana?

Sumber berita OnePlus.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter