16 February 2017

by Bambang Winarso

Signal Akhirnya Hadirkan Fitur Panggilan Video

Fitur yang masih dalam fase beta ini akan digulirkan secara bertahap

Jika bicara soal aplikasi pesan yang aman dan terenkripsi, Signal berdiri di barisan terdepan. Karena kelebihannya itulah Signal banyak digunakan oleh aktivis, jurnalis dan politisi. Dalam pembaruan teranyar, Signal mengumumkan adanya fitur baru yakni fitur panggilan video yang juga diklaim mengedepankan keamanan penggunanya.

Dalam rilis resminya, Open Whisper Systems – organisasi nirlaba di balik Signal mengatakan bahwa pembaruan ini megimplementasikan infrastruktur panggilan bari untuk Signal dan juga kualitas panggilan suara yang lebih baik. Namun untuk mendapatkan feedback dari pengguna dari berbagai perangkat, jaringan dan wilayah, mereka akan menggulirkan update open beta ini secara bertahap untuk platform Android dan iOS.

Sebelum pembaruan ini, Signal sebenarnya sudah menyuguhkan fitur panggilan bagi pengguna yang ingin mengobrol dengan temannya. Tapi, fitur ini dirasa belum ideal. Menurut sejumlah testimoni, panggilan kerap berhenti bekerja dan tidak terintegrasi dengan baik ke fitur lain di ponsel.

https://whispersystems.org/blog/images/video.webm

Di pembaruan ini Signal juga menawarkan dukungan CallKit untuk pengguna iOS 10, memungkinkan pengguna iOS untuk menjawab panggilan langsung dari lock screen dengan satu sentuhan, dan panggilan juga akan dicatat di Recent Calls. Sayangnya, dukungan fitur ini menimbulkan kekhawatir akan pelanggaran privasi mengingat CallKit juga tersinkron ke iCloud. Untungnya, Signal memberikan opsi lain untuk mematikan fitur ini dengan mengakses pengaturan Signal – Advanced – Use CallKit.

Application Information Will Show Up Here

 

Sumber beritaΒ Open Whisper Systems.