Signal Kini Tersedia dalam Aplikasi Desktop Versi Standalone

Signal Kini Tersedia dalam Aplikasi Desktop Versi Standalone

Bukan lagi berupa web app untuk browser Chrome seperti sebelumnya
Tampilan aplikasi desktop Signal / OWS
Tampilan aplikasi desktop Signal / OWS

Kabar gembira bagi para pengguna aplikasi pesan instan super-aman Signal. Open Whisper Systems (OWS), organisasi nirlaba yang mengembangkannya, baru saja merilis aplikasi Signal versi desktop. Kali ini wujudnya benar-benar standalone, tidak lagi berupa web app untuk browser Chrome seperti dulu.

Pada kenyataannya, aplikasi ini akan menggantikan Signal Chrome App sepenuhnya. Tentu saja ini merupakan kabar baik bagi pengguna browser Firefox ataupun Safari, sebab mereka tak lagi perlu meng-install Chrome hanya untuk mengirim dan menerima pesan via Signal.

Namun perubahan terbesarnya kalau menurut saya adalah, Signal versi desktop tak lagi harus bergantung terhadap aplikasi ponselnya, macam yang kita dapati pada WhatsApp versi desktop. Cukup penuhi setup awalnya dan sambungkan ponsel Anda satu kali, maka selanjutnya Signal versi desktop bisa digunakan secara mandiri.

Pengguna yang sudah terlanjur meng-install Signal Chrome App masih bisa menggunakannya sampai sekitar awal tahun depan kalau memang mau, tapi mereka tidak akan bisa menemukannya lagi di Chrome Web Store. OWS juga menyediakan opsi untuk meng-export data dari Signal Chrome App, untuk kemudian di-import ke aplikasi desktop barunya sehingga semua percakapan lama dan daftar kontak tetap bisa diakses.

Signal Desktop App saat ini sudah bisa diunduh di platform Windows 7, 8, 8.1 maupun 10 versi 64-bit, macOS 10.9 ke atas, dan sejumlah distro Linux macam Ubuntu atau Debian.

Sumber: OWS dan Tom’s Hardware.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Misc
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…