1. Startup

Sikremut, Tak Hanya Sekedar Jadwal Kereta Commuter

Setelah Nyepur, layanan informasi jadwal dihadirkan juga oleh Sikremut (Sistem Informasi Kereta Komuter). Bedanya, jika Nyepur merupakan aplikasi web, Sikremut hadir dalam bentuk aplikasi Android. Sikremut dibuat oleh Luminascape, sekelompok mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

Luminascape, pembuat aplikasi ini, terdiri dari Ardi Al Haidar, Ade Kurniawati, Yasmin Khairina, Mira Roderica, Fitria Nila Kanti, Radityo Eko, dan Wanda Kinasih. Proyek Sikremut, yang awalnya hanyalah sebuah tugas kuliah, mereka usahakan agar benar-benar menjadi sebuah aplikasi yang dapat dinikmati oleh pengguna kereta komuter Jabodetabek.

Untuk membuat Sikremut menjadi pilihan diantara berbagai pilihan aplikasi yang memberikan layanan informasi jadwal kereta api komuter, Luminascape berusaha untuk mengembangkan fitur berbeda. Selain informasi jadwal kereta api, Sikremut juga mempunyai fitur peta stasiun KRL, fitur stasiun terdekat dengan memanfaatkan GPS, serta filter alarm penanda. Fitur peta stasiun memungkinkan pengguna mengetahui posisi stasiun di peta serta rute atau jalur kereta yang melewati rute tersebut. Rute kereta ditampilkan dalam warna yang berbeda-beda agar lebih mudah dilihat oleh pengguna.

Fitur stasiun terdekat digunakan untuk mencari stasiun terdekat sekaligus mencari jalur menuju ke stasiun tersebut dari lokasi pengguna. Sedangkan fitur alarm penanda, akan mengingatkan pengguna, jika telah berada dalam radius 300 m dari stasiun tujuan.

Menurut Ardi Al Haidar, dalam wawancara melalui email, Luminascape masih merencanakan pengembangan lebih lanjut aplikasi Sikremut. Mereka akan membuat versi BlackBerry dan Nokia dari aplikasi ini. Dari segi fitur, mereka berharap bisa bekerja sama langsung dengan PT KAI Commuter, untuk mendapatkan informasi jika sewaktu-waktu terjadi perubahan jadwal. Dengan kerja sama tersebut, Luminascape berharap bisa mengembangkan fitur live tracker sehingga pengguna, dapat mengecek lokasi kereta secara realtime.

Bagi Anda pengguna Android, Anda dapat mengunduh aplikasi ini melalui Google Play.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again