2 March 2018

by Lukman Azis

SikurPhone Ialah Smartphone dengan Dompet Digital untuk Menyimpan Bitcoin Secara Aman

Anti hacker dan bisa menyimpan cryptocurrency dengan aman

MWC 2018 telah berakhir, banyak smartphone yang terlahir di sana. Salah satunya dari perusahaan asal Brazil yang berfokus pada keamanan yakni Sikur (baca: secure).

Mereka telah memperkenalkan SikurPhone, sebuah telepon pintar yang memiliki tingkat 'keamanan yang tidak dapat ditembus' dan dirancang khusus untuk memberikan keamanan dalam menyimpan cryptocurrency atau mata uang digital seperti Bitcoin, Ethereum, dan Ripple misalnya.

SikurPhone itu sendiri tak lain merupakan penerus dari GranitePhone yang dirilis pada tahun 2015. Sikur mengklaim bahwa headset ini terenkripsi sepenuhnya, baik itu email, kontak, pesan, percakapan telepon, hingga browser yang super aman.

Fitur unggulan yang ditawarkan ialah SikurWallet yaitu dompet mata uang digital yang memungkinkan Anda menyimpan cryptocurrency dengan aman di dalam layanan cloud miliknya.

Tingkat keamanan tersebut dicapai dengan menggunakan sistem operasi Android 7.0 Nougat yang telah dimodifikasi. Sebagai bukti keamanannya, Sikur menantang HackerOne untuk membobol SikurPhone. Dalam uji coba yang mereka lakukan selama dua bulan, HackerOne mengaku gagal mencari celah keamanan SikurPhone.

Jika ingin mendapat mengunduh aplikasi pihak ketiga di Google Play Store, maka harus diperiksa dan dikonfirmasi oleh Sikur terlebih dahulu sebagai bagian dari usaha mereka dalam menjaga keamanan.

Di luar kemampuannya yang istimewa SikurPhone tampil sederhana dengan layar 5,5 inci Full HD, menggunakan chipset besutan MediaTek (tipe belum diketahui), RAM 4GB, penyimpanan 64GB, dan baterai 2.800 mAh dengan port USB type-c.

Dengan dompet digital yang super aman ini, SikurPhone dibanderol US$799 atau sekitar Rp10 jutaan. SikurPhone sudah bisa dipesan dan hanya tersedia dalam 20.000 unit dengan jadwwal pengiriman pada bulan Agustus 2018.

Sumber: PhoneArena