16 October 2017

by Glenn Kaonang

Silicon Power Umumkan SSD Eksternal Tahan Banting dan Tahan Air

Ringkas, tahan banting sekaligus tahan air, dengan performa kelas SSD

Migrasi dari HDD eksternal ke SSD eksternal adalah keputusan yang baik apabila Anda sering bepergian atau sekadar ceroboh. Tanpa ada komponen piringan yang berputar, SSD eksternal memiliki risiko kerusakan lebih kecil dan usia yang lebih panjang ketimbang HDD eksternal.

Namun yang namanya perangkat elektronik, cairan tetap merupakan salah satu musuhnya. Tidak demikian untuk SSD eksternal terbaru dari Silicon Power. Dijuluki SP Bolt B80, ia dirancang dengan bodi aluminium yang tahan air (IP68) sekaligus tahan banting dari ketinggian 1,22 meter.

Dimensinya tergolong ringkas, dengan diameter 75 mm, tebal nyaris 12 mm dan bobot hanya 53 gram. Permukaan atasnya dilengkapi sebuah indikator LED berwarna putih. Pilihan kapasitasnya ada tiga: 120 GB, 240 GB dan 480 GB.

Ini bukan pertama kalinya Silicon Power menciptakan media penyimpanan eksternal berbodi tangguh. Bolt B80 juga bukan SSD portable pertama yang memiliki bodi tahan banting; Samsung T5 bahkan diklaim tetap bisa beroperasi meski terjatuh dari ketinggian 2 meter.

Yang membuat penawaran Silicon Power ini unik adalah penutup karet pada bagian konektornya, yang memastikan tidak ada cairan yang bisa masuk dan merusak bagian tersebut. Port yang digunakan sendiri merupakan USB-C, akan tetapi Silicon Power rupanya telah menyertakan kabel USB-C ke USB-A pada paket penjualannya, sehingga ia tetap bisa digunakan dengan laptop model lawas.

Soal performa, Silicon Power mengklaim kecepatan membaca hingga 500 MB/s dan menulis hingga 450 MB/s. Memang bukan yang tercepat, tapi masih berkali lipat lebih cepat ketimbang HDD eksternal.

Sayangnya sejauh ini belum ada keterangan terkait harga maupun jadwal perilisan Bolt B80, namun diduga Silicon Power bakal memasarkannya dalam beberapa minggu mendatang.

Sumber: Ars Technica.