8 December 2014

by Yoga Wisesa

Simak Demo Aksi Cortana di Microsoft Windows 10

Meski banyak orang berpikir Cortana merupakan upaya Microsoft untuk menandingi Siri, sang pencipta Windows berniat mengusung digital personal assistant ini sebagai bumbu utama pengembangan OS baru mereka ke depan. Bukan rahasia lagi, setelah mendarat di device Windows Phone 8.1, Cortana rencananya akan melakukan debut di PC via Windows 10.

Cortana versi Windows desktop sebenarnya telah sering dibahas bahkan sebelum Windows 10 resmi diumumkan (kita masih menyebutnya dengan Windows 9 atau Threshold). Namun bahkan ketika versi Technical Preview-nya sudah bisa dijajal semenjak akhir September kemarin, kita masih belum melihat langsung bagaimana Cortana bekerja di PC.

Kabar gembira, WinBeta memecah kesunyian dengan mengunggah video aksi Cortana di Windows 10 akhir minggu lalu. Perlu diingat, ia berjalan di sistem operasi yang masih dalam pengembangan. Artinya, layout dan interface tidak merepresentasikan versi finalnya. WinBeta menuturkan, "Cortana nantiakan tampil sepuluh kali lebih baik saat ia diungkap resmi untuk publik."

Saksikan video demonstrasinya di bawah.

 

Info menarik: Microsoft Umumkan Sistem Operasi Teranyar Bernama Windows 10

 

Di Windows 10, Cortana diakses melalui tombol search di samping icon menu Start, di pojok kiri bawah layar. Ia dapat melakukan apapun layaknya versi mobile, minus kemampuan 'bincang-bincang' karena database pendukung belum tersedia di Windows 10 Technical Preview. "Saya tidak bisa menanyakan pertanyaan personal seperti apakah dia mencintai Master Chief," ucap sang narator.

Untuk fungsi dasarnya, Cortana sudah beroperasi penuh. Anda dapat melakukan panggilan di Skype, mengakses peta dan lokasi, memainkan atau menghentikan musik, meluncurkan aplikasi, mencari tahu informasi cuaca, dan lain sebagainya. Ia masih belum memiliki kepribadian, dan tak bisa menjawab pertanyaan semisal 'Who are you?' Anda tak usah cemas, fitur ini akan hadir saat Cortana dilepas resmi nanti.

Satu kemampuan lagi yang belum ada ialah aktivasi suara - tanpa input fisik. Pertanyaan terbesarnya adalah apakah fitur itu akan tertanam dalam Cortana deskop, atau tidak? Di demo tersebut, voice activation belum muncul. Tapi WinBeta tetap optimis, karena meski belum tersedia, pengguna dapat memintanya melalui Windows Feedback.

Nama Cortana diambil dari karakter utama franchise game Halo buatan Microsoft, pendamping setia sang jagoan, Master Chief. Ia juga diisi oleh pemeran suara yang sama, yaitu aktris Jen Taylor.

Gambar header: Halo.wikia.com.