Berita

Grup Sinar Mas Kucurkan 2,8 Triliun Rupiah, Siap jadi Pemegang Saham Pengendali di DANA

PT Dian Swastika Sentosa (DSST) akan jadi salah satu pemegang saham terbesar di DANA

Salah satu grup konglomerat Indonesia, Sinar Mas, melalui anak usahanya PT Dian Swastika Sentosa Tbk resmi mengumumkan rencana investasi senilai $200 juta atau lebih dari 2,8 triliun Rupiah ke PT Elang Andalan Nusantara, perusahaan induk startup DANA. Hal ini disampaikan dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari Selasa (1/3).

Rencana investasi ini disebut sebagai bagian dari kolaborasi pengembangan bisnis digital kedua perusahaan. Kolaborasi strategis ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan ekosistem digital yang dimiliki oleh Perseroan dan berbagai pemangku kepentingan.

Penandatanganan perjanjian investasi telah dilakukan pada 28 Februari.  Sementara penyelesaiannya akan bergantung pada pemenuhan syarat-syarat pendahuluan sebagaimana diatur dalam perjanjian penyertaan modal, termasuk persetujuan dari otoritas berwenang yang terkait.

More Coverage:

3 Perbedaan Dana Bisnis dan Dana Biasa, Sudah Tahu?

Rumor terkait akuisisi Sinar Mas terhadap DANA sudah santer diberitakan sejak akhir tahun 2021. Setelah penyelesaian atas aksi korporasi ini, DSST akan menjadi salah satu pemegang saham terbesar di DANA.

Saat ini, DANA masih dimiliki oleh PT Elang Andalan Nusantara (EAN), dengan Emtek masih sebagai investor utama dengan kepemilikan 49 persen saham. Sementara 45 persen sisanya dimiliki Ant Financial melalui API Investment Ltd. Seperti diketahui, pada bulan April 2021, Emtek Group (Emtek) mengungkapkan sudah tidak lagi menjadi pemegang saham pengendali untuk EAN.

More Coverage:

Cara Upgrade Dana Bisnis ke Silver dan Gold

Rencana investasi ini memperkuat komitmen Grup Sinar Mas untuk terjun ke industri digital. Belum lama ini perusahaan juga mengucurkan investasi ke startup pengembang teknologi pengolahan dokumen berbasis AI asal Singapura, 6Estates.

Perjalanan DANA

Sejak mulai beroperasi di akhir tahun 2018, aplikasi dompet digital atau payment Dana mengklaim berhasil mencatat pertumbuhan jumlah pengguna hingga 90 persen mencapai 100 juta pengguna di seluruh Indonesia. Tercatat ada lebih dari 350 juta total transaksi dengan menggunakan fitur Kirim Uang dengan rata-rata 30 juta transaksi per bulan.

Pada dukungan terhadap UMKM, Dana juga secara akumulatif menggerakan lebih dari 400.000 UMKM yang makin percaya diri untuk berbisnis secara digital berkat verifikasi yang mudah. Di awal tahun ini, Dana juga telah menjalin kerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pontianak, Kalimantan Barat untuk membantu digitalisasi dan pengembangan UMKM di daerah tersebut.

More Coverage:

Tahun 2021, DANA Sumbang 15% dari Total Transaksi Game di Indonesia

Saat ini, perusahaan masih mencoba memperluas jangkauan kolaborasi dengan menambah sejumlah mitra baru seperti BPJS Ketenagakerjaan, Secure Parking, dan WeTV. Hal ini dilakukan guna mengembangkan fitur-fitur yang semakin bisa memenuhi beragam kebutuhan masyarakat, mulai dari kebutuhan finansial hingga hiburan.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter