10 September 2012

by Amir Karimuddin

Singapore Airlines Luncurkan Program In-Flight Connectivity

Kesulitan berhubungan dengan pihak lain ketika berada di dalam pesawat? Jika Anda biasa menggunakan Singapore Airlines (SQ), masalah itu bakal teratasi. Maskapai penerbangan Singapura ini resmi mengumumkan ketersediaan konektivitas di dalam pesawat (in-flight connectivity) dengan total proyek senilai $50 juta. Bekerja sama dengan provider OnAir, secara berangsur-angsur fitur ini akan tersedia di semua jajaran pesawat SQ dalam jangka waktu dua tahun ke depan, termasuk untuk pesawat A380-800 dan B777-300ER.

Saat ini fitur in-flight connectivity baru tersedia untuk jajaran pesawat A340-500 yang melayani rute jarak jauh. Secara total fitur ini sudah tersedia di 14 pesawat. Ketersediaan in-flight connectivity saat terbang di atas berbagai negara akan diinformasikan melalui majalah KrisWorld yang tersedia di dalam pesawat.

Nah, ternyata tidak cuma berinternet, layanan ini juga memberikan kesempatan kepada penumpang untuk mengirimkan SMS dan MMS (khusus untuk ponsel GSM yang kompatibel). Tentu saja biayanya tidak murah. Harga promosi yang berlaku hingga 30 November 2012 adalah US$25 untuk data 30MB (harga normal US$29.95 untuk 26MB) dan US$10 untuk data 10MB (harga normal $11.95). Kelebihan penggunaan akan mendapatkan tarif $0.15 per 100KB. Tarif SMS-nya adalah US$ 0.81 (S$1).

Khusus untuk pengguna jaringan SingTel, tersedia promo diskon hingga 40% yang berlaku hingga tanggal 31 Maret 2013 mendatang. Klik tautan ini untuk informasi lebih lanjut. Perlu digarisbawahi bahwa penggunaan kegiatan elektronik seperti ini tidak boleh dilakukan saat pesawat hendak tinggal landas ataupun hendak mendarat.

Garuda Indonesia sendiri rencananya juga akan menawarkan layanan serupa dalam waktu dekat. Kita tunggu pengumumannya lebih lanjut.

[sumber gambar: Flickr/Simon_sees]