Categories

Berita

SIRCLO Mengakuisisi Orami, Perkuat Layanan Omnichannel

Ferry Tenka kini menempati posisi CMO SIRCLO dan Hendrawan Kartika sebagai CFO SIRCLO

Randi Eka - 7 April 2021

Startup pengembang platform e-commerce enabler SIRCLO hari ini (07/4) mengumumkan akuisisinya terhadap platform digital parenting Orami. Nilai dari kesepakatan tidak diumumkan, hanya saja tujuan dari aksi strategis ini untuk menggabungkan kekuatan kedua bisnis dalam menyediakan layanan digital end-to-end kepada pengembang merek.

Kesepakatan ini menggabungkan dua perusahaan yang sudah melayani lebih dari 100 ribu brand dari skala UMKM hingga korporasi, serta menjangkau jutaan konsumen di 34 provinsi Indonesia.

Selain itu aksi ini akan menggabungkan hampir 1000 karyawan; Orami akan terus beroperasi sebagai entitas mandiri yang terintegrasi dengan layanan SIRCLO. Ferry Tenka (CEO Orami) akan mengambil posisi baru sebagai Chief Marketing Officer SIRCLO dan Hendrawan Kartika (President Orami) sebagai Chief Financial Officer SIRCLO.

"Aksi korporat ini dapat memperluas layanan enabler yang ditawarkan oleh SIRCLO untuk pemilik merek yang ingin memasuki pasar online. Orami memiliki situs belanja online yang memfasilitasi brand ternama dalam menjual produk kebutuhan ibu dan anak. Di sini, kami punya misi untuk menggabungkan kekuatan dalam membantu brand berjualan online dengan lebih strategis, terukur dan efisien," ujar Founder & CEO SIRCLO Brian Marshal.

Sementara itu Co-Founder & CEO Orami Ferry Tenka menambahkan, "Kami melihat sinergi ini sebagai peluang yang sangat besar untuk mengakselerasi pertumbuhan Orami, serta di saat yang sama, juga dapat terus mengakomodasi kebutuhan brand maupun konsumen. Kemampuan Orami menjangkau konsumen secara luas selaras dengan yang selama ini telah dilakukan SIRCLO sebagai e-commerce enabler dengan infrastruktur dan jaringan ritel yang kuat. Banyak sekali potensi luar biasa yang bisa dieksplorasi."

Super parenting app orami yang diluncurkan awal tahun ini / Orami

Seiring dengan peningkatan traksi layanan belanja online, awal tahun ini Orami umumkan penguatan aplikasi dengan merilis berbagai fitur untuk memudahkan pembelian. Selain itu, mereka juga menobatkan diri sebagai parenting super app dengan tiga pilar bisnis utamanya, yakni: commerce, content, dan community. Harapannya bisa sajikan aplikasi komprehensif untuk pemenuhan kebutuhan ibu dan anak.

Orami didirikan sejak tahun 2013 oleh Ferry Tenka, Eka Himawan, dan Shannon Kalayanamitr. Bisnisnya didukung sejumlah investor, termasuk SMDV, East Ventures, Gobi Partners, Velos Partners, dan Ardent Capital.

SIRCLO sendiri juga didirikan di tahun yang sama, 2013. Saat ini mereka membantu pengembang merek berjualan online melalui ragam solusi, seperti SIRCLO Store bagi UMKM dan SIRCLO Commerce bagi korporasi. Pada tahun 2020, SIRCLO mencatat lonjakan transaksi hingga 4x lipat yang didukung oleh perubahan perilaku konsumen selama pandemi COVID-19. Akhir tahun 2020 mereka mengklaim telah mencapai profitabilitas dan membukukan omzet gabungan mencapai 3,3 triliun Rupiah.

Agustus 2020 lalu, SIRCLO juga baru membukukan pendanaan seri B senilai $6 juta. Investor yang terlibat dalam putaran ini di antaranya East Ventures, OCBC NISP Ventura, Skystar Capital, dan Sinar Mas Land.

Sementara aksi strategis lain yang pernah dilakukan perusahaan adalah melakukan merger dengan ICUBE, agensi penyedia solusi teknologi e-commerce, tujuannya untuk memperluas varian bisnis yang ditawarkan kepada brand.

Perjalanan bisnis SIRCLO / SRICLO

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter